SDN 07 Kedungwuni, Jalankan Misi untuk Capai Target Siswa Bermutu - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 26 Mei 2024

SDN 07 Kedungwuni, Jalankan Misi untuk Capai Target Siswa Bermutu



PEKALONGAN, ANETRY.NET – Sebagai sebuah sekolah, SDN 07 Kedungwuni tentunya memiliki visi yang terukur dalam mencapai tujuan penyelenggaraan pendidikan. Dengan visi terwujudnya peserta didik beriman dan bertaqwa, berkarakter, berprestasi, berkebhinekaan global dan berwawasan lingkungan, upaya mengedepankan mutu terus dilakukan.

 

Untuk mencapai visi mulia di atas, setiap program pendidikan yang dijalankan, diatur sedemikian rupa melalui koridor misi yang hendak dituju. Indikator ketercapaiannya, dikemas dalam bentuk seperti, 1) Berkarakter, mengimplementasikan Profil PelajarPancasila dalam aktualisasi kehidupan. 2) Berprestasi, menumbuhkan jiwa kompetitif, kreatif dan inovatif pada peserta didik, melalui kegiatan sekolah baik: intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler sehingga mampu unjuk prestasi baik akademik maupun non akademik, 3) Berkebhinekaan Global memiliki semangat untuk mempertahankan budaya leluhur, lokalitas identitas dan berpikiran terbuka, dan 4) Berwawasan lingkungan, memiliki pengetahuan wiyata mandala, menjaga kelestarian dan keindahan, memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan.

 


Untuk menuju hasil yang dapat dirasakan oleh seluruh elemen sekolah, SDN 07 Kedungwuni pun melakukan implementasi misinya melalui tindakan nyata. Hal itu dapat dijelaskan sebagai berikut, 1) Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik, 2) Mengembangkan jiwa kompetitif, kreatif, dan inovatif peserta didik melalui kegiatan sekolah baik: intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler sehingga mampu unjuk prestasi baik akademik maupun non akademik, dan 3) Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong, serta 4) Mengenalkan budaya lokal dan kearifan lokal, terwujudnya insan selamat, bahagia, dan berakhlak mulia.

 

Dari seluruh target yang ingin dicapai, menjalankan misi secara nyata di lapangan adalah upaya berkelanjutan yang dilakukan di SDN 07 Kedungwuni. Peserta didik melakukan pembiasaan-pembiasaan keagamaan, seperti membaca asmaul husna setiap pagi di halaman sekolah, melaksanakan salat dhuha, salat zuhur berjamaah, dan berdoa setiap memulai dan mengakhiri aktivitas pembelajaran, adalah salah satu bentuk kegiatan rutin yang dijalankan.

 

Kegiatan tersebut, diaplikasikan dengan dibagi menjadi, 1) Dapat diwujudkan melalui pembelajaran di kelas, penerapan 5S, pembelajaran matematika, IPA, dan juga melalui metode pembelajaran yang menekankan anak untuk bernalar kritis.

 

Filosofi KHD yang mana menyebutkan bahwa penyelenggaraan pendidikan adalah menghamba pada murid, guru harus memberikan kebutuhan belajar siswa yang menekankan kepada peserta didik untuk mandiri dan aktif menggali pengetahuannya. Guru dalam proses pembelajaran di SDN 07 Kedungwuni, hanya bertindak sebagai fasilitator.

 


Kemudian,  dalam perjalanan program tersebut, guru mesti bersungguh-sungguh dalam melakukan aktivitas pembelajaran supaya mencapai hasil maksimal, mengikuti setiap kompetisi/perlombaan yang diselenggarakan dengan semangat berlatih para siswa di SDN 07 Kedungwuni.

 

Selain itu, dalam membentuk pemahaman berkebhinekaan global, di SDN 07 Kedungwuni diwujudkan melalui pembelajaran PPKn, IPS, penerapan anti bullying, sekolah ramah anak, serta pembiasaan sikap saling menghormati dan saling menghargai.

 

Sedangkan penerapan wawasan lingkungan, di sekolah ini diwujudkan dengan kegiatan Jumat Bersih, pembiasaan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu juga dengan menjaga perilaku sehat dan bersih di lingkungan sekolah dan sekitar.

 


Sebagai ukuran ketercapaian dari seluruh program, pada indikator karakter dan religiusitas, dilihat sejauhmana peningkatan sopan santun dan ketaatan beribadah siswa. Hal ini menjadi salah satu indikasi pada capaian rapor pendidikan yang diharapkan meningkat dari tahun sebelumnya.

 

Pada kegiatan sekolah baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler ditarget dapat mencapai indikator yang terlaksana secara efektif dan berkualitas. Dan pada iven-iven yang diselenggrakan pemerintah melalui leading sector bidang pendidikan di berbagai tingkatan, minimal siswa SDN 07 Kedungwuni dapat meraih prestasi di tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

 

Untuk melaksanakan misi dan mewujudkan visi SDN 07 Kedungwuni, tentunya tidak dapat dicapai hanya dalam waktu singkat. Dari lima indikator visi dan misi sekolah yang ada di atas, akan diwujudkan dalam rentang waktu empat tahun.

 

Selain itu, dalam pengelolaan penyelenggaran satuan pendidikan, implementasi tindakan akan dijabarkan dalam kegiatan tahunan dengan target masing- masing indikator, agar muncul perubahan serta peningkatan dari tahun sebelumnya.

Penulis: Nurtrianik, S.Pd.SD. (KS SDN 07 Kedungwuni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad