Lokakarya 1 PPGP, Membangun Komunitas Praktisi Gerakkan Ekosistem Pendidikan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 07 Mei 2024

Lokakarya 1 PPGP, Membangun Komunitas Praktisi Gerakkan Ekosistem Pendidikan


PEKALONGAN,
ANETRY.NET
 – Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkatan 10 Kabupaten Pekalongan telah memasuki tahapan penting.

 

Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya Lokakarya 1 di SMAN 1 Kedungwuni pada Sabtu lalu. Kegiatan yang berlangsung selama 7 jam 15 menit ini berfokus pada materi Pengembangan Komunitas Praktisi.

 

Komunitas Praktisi merupakan wadah yang sangat penting bagi para Calon Guru Penggerak (CGP) untuk mengembangkan kompetensi mereka sebagai pemimpin pembelajaran dalam menggerakkan ekosistem pendidikan. 


Melalui Lokakarya 1 ini, para CGP diharapkan dapat memahami hubungan antara mindset pemimpin pembelajaran di konteks sekolah dengan pentingnya membangun komunitas praktisi, baik untuk diri mereka sendiri maupun lingkungan belajar secara keseluruhan.

 

Tidak hanya itu, para CGP juga dituntut untuk dapat menjelaskan konsep, filosofi, dan prinsip komunitas praktisi sebagai bagian dari peran mereka sebagai guru penggerak. Dengan pemahaman yang mendalam, mereka dapat mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi yang sudah ada di lingkungan mereka, sehingga dapat lebih mudah dalam mengembangkan dan mensinergikannya.

 

Selama jalannya Lokakarya 1, para CGP Angkatan 10 Kabupaten Pekalongan menunjukkan antusiasme yang tinggi. Mereka terlibat aktif dalam berbagai aktivitas menarik dan bermakna yang dipandu oleh Pengajar Praktik (PP).

 

Lokakarya 1 ini merupakan tonggak penting bagi para CGP untuk mempersiapkan diri menjadi guru penggerak yang dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Pekalongan. Dengan membangun komunitas praktisi yang kuat dan solid, mereka dapat saling belajar, berbagi pengalaman, dan mengembangkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan di dunia pendidikan. (at)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad