Shalat Id di Sengare, Khatib Ajak Warga Pererat Silaturrahmi - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 10 April 2024

Shalat Id di Sengare, Khatib Ajak Warga Pererat Silaturrahmi


PEKALONGAN
– Seperti tempat dan daerah lainnya, perayan 1 Syawal 1445H ditandai dengan pelaksanaan shalat Idulfitri secara berjamaah di berbagai lokasi.

 

Untuk Desa Sengare Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan, pelaksanaan shalat Idulfitri dipusatkan di masjid Jami' Baiturrahman. Mulai pukul 06.30 WIB, kegiatan pelaksanaan shalat Idulfitri telah dimulai.

 

Pada kesempatan itu, yang bertindak sebagai khatib adalah H. Karnadi dengan imam shalat Kyai Ruslani. Dalam pengantar shalat, Kyai Ruslani mengatakan, shalat ‘Id dilaksanakan untuk penyempurnaan dalam membersihkan diri setelah melaksanakan puasa selama Ramadhan.

 

“Shalat ‘Id itu sunnah, apabila dilaksanakan mendapatkan pahala dan apabila tidak dilaksanakan tidak apa-apa. Di hari yang suci ini, mari kita melakukan amalan bagus sesuai yang dianjurkan agama,” sebut Kyai Ruslani dalam pengantarnya di hadapan jemaah.

 

Sementara dalam khutbah yang disampaikan H. Karnadi, diuraikan tentang keutamaan di bulan Ramadhan dan di Hari Raya Idulfitri.

 

“Umat Islam melaksanakan puasa selama satu bulan dengan menahan lapar dan dahaga di siang hari serta melawan segala hawa nafsu, kemudian melaksanakan shalat tarawih di saat malam hari. Disempurnakan dengan shalat Idul Fitri, sehingga seluruh umat Islam tersebut seperti bayi baru lahir,” ujarnya dalam khutbah.

 

Ia mengajak seluruh warga untuk shalat berjamaah. “Shalat berjamaah lebih afdhal dengan keutamaan yang dijanjikan Allah. Dua puluh tujuh derajat keutamaan berjamaah dibanding shalat sendiri,” paparnya.

 

Dalam khutbahnya itu, Karnadi juga mengajak masyarakat untuk bersilaturrahim antar sesama. “Berkunjung ke orang-orang mukmin, guru-guru kita, saudara-saudara kita untuk menjalin silaturahim, untuk saling bermaaf-maafan,” pungkasnya. (nt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad