Dukungan Kemdikbud untuk Implementasi Kurikulum Merdeka - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 02 April 2024

Dukungan Kemdikbud untuk Implementasi Kurikulum Merdeka

 


JAKARTA – Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, implementasi Kurikulum Merdeka dapat memperkuat peran serta seluruh pemangku kepentingan.

 

“Hal ini sebagai upaya untuk menjawab berbagai tantangan zaman dan isu terkini, seperti perubahan iklim, literasi finansial, literasi digital, literasi kesehatan, dan pentingnya sastra dalam memperdalam kemampuan literasi murid,” ucapnya di Jakarta, Rabu lalu.

 

Kurikulum Merdeka memungkinkan transformasi pembelajaran, bukan hanya di daerah perkotaan dan di sekolah dengan fasilitas memadai, tapi di seluruh Indonesia, termasuk daerah tertinggal.

 

Untuk mendukung hal ini, Kemdikbudristek meluncurkan Awan Penggerak guna memudahkan guru di daerah yang tidak memiliki koneksi internet stabil, untuk mengakses perangkat ajar dan modul pelatihan di PMM secara offline (luar jaringan).

 

Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah juga memberikan kepastian arah kebijakan pendidikan di Indonesia.

 

Implementasi Kurikulum Merdeka dilakukan secara nasional dan bertahap, untuk memberikan kesempatan beradaptasi bagi satuan pendidikan sampai dengan tahun ajaran 2026/2027. Sementara  daerah 3T diberi waktu sampai dengan tahun ajaran 2027/2028.

 

Bagi satuan pendidikan yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka, pendaftaran implementasi dapat dilakukan mulai tanggal 27 Maret 2024 melalui PMM (guru.kemdikbud.go.id).

 

Masyarakat dapat mengakses Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 melalui laman jdih.kemdikbud.go.id. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad