Triwulan I 2024 Serangan Siber yang Naik 40% - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 13 Maret 2024

Triwulan I 2024 Serangan Siber yang Naik 40%


JAKARTA,
ANETRY.NET
– Serangan siber jenis phishing meningkat sebesar 40 persen pada tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Hal itu disampaikan perusahaan siber terkemuka Kasprersky. Phishing sendiri merupakan bentuk serangan siber yang berusaha mencuri data, informasi privat atau pribadi penting, lewat metode penipuan seperti tautan link situs palsu, email palsu, dan lainnya.

 

Analisis tahunan Kaspersky terhadap lanskap ancaman spam dan phishing, mengungkapkan tren yang terus berlanjut sejak tahun 2022. Peningkatan serangan phishing yang mencapai 40 persen juga didukung dengan usaha ancaman phishing lewat 709.590.011 tautan palsu.

 

Kaspersky menilai peningkatan serangan phishing terjadi dengan memanfaatkan momentum musim liburan. Penjahat siber biasanya menyebarkan penipuan dengan topik traveling seperti email atau tautan yang berpura-pura menjadi tiket pesawat, tur, dan penawaran hotel yang menggiurkan.

 

Tidak hanya itu, juga ditemukan serangan phishing memanfaatkan topik seperti acara terkenal dan undangan pemutaran perdana film terkenal. Juga kerap digunakan pelaku serangan phishing dengan menyertakan tautan untuk ikut menonton atau janji palsu berupa diskon nonton perdana.

 

Selain itu, para ahli telah mengamati lonjakan serangan yang menyebar melalui platform aplikasi messaging. 

 

Kaspersky merilis data, Rusia menjadi kawasan dengan tingkat serangan phishing terbanyak yang berhasil dideteksi dan diblokir solusi keamanan siber mereka. Posisi kedua, ditempat oleh kawasan Brazil kemudian Turki, India, Jerman, dan Italia secara berturut-turut.

 

“Phishing tetap menjadi ancaman umum dalam lanskap digital saat ini, terus berkembang untuk menipu pengguna yang tidak menaruh curiga. Kewaspadaan dan skeptisisme adalah pertahanan terkuat kita agar tidak menjadi korban skema berbahaya ini. Tetap berhati-hati, verifikasi sebelum Anda mengklik, dan lindungi identitas digital Anda,” Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

 

Tidak lupa Kaspersky juga membagikan sejumlah tips untuk terhindar dari jebakan serangan phishing. Pertama hanya buka email dan klik tautan yang pengirimnya bisa dipercaya.

 

Anda harus periksa ejaan alamat situs (URL) karena biasanya pelaku serangan phishing berusaha membuat alamat situs yang sangat mirip dengan aslinya namun bisa dengan mudah dikenal, biasanya mereka mengganti angka (numerik) dengan huruf.

 

Terakhir, bisa mengandalkan paket solusi perlindungan siber yang bisa terpasang di browser sehingga mampu mendeteksi dan memberikan peringatan bahwa tautan mencurigakan. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad