Tujuan Gerakan Literasi Sekolah, Simak di Sini! - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 10 Desember 2023

Tujuan Gerakan Literasi Sekolah, Simak di Sini!


ANETRY.NET
– Gerakan literasi sekolah (GLS), merupakan upaya untuk mengubah sekolah menjadi lebih baik. GLS adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan sekolah atau jenjang pendidikan.

 

Salah satu pentingnya gerakan literasi di sekolah, adalah memperoleh wawasan dan ilmu pengetahuan yang baru untuk membangkitkan kemajuan sekolah tersebut. Selain itu, gerakan literasi berkaitan erat dengan tuntunan keterampilan membaca, dan berujung pada kemampuan memahami, meneliti dan menerapkan.

 

Gerakan literasi sekolah dapat dalam mewujudkan program penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Elemen P5 yang terpenuhi dalam hal ini adalah berfikir kritis, mandiri, kreatif dan gotong royong.

 

Gerakan literasi sekolah, dapat dimulai dengan membuat pojok baca di setiap kelas. Pojok kelas dapat dibuat semenarik mungkin, dan bisa mengembangkan potensi atau bakat yang dimilikinya.

 

Setiap guru harus menerapkan generasi literasi di setiap kelas agar bertujuan: 1) Membangun kesadaran siswa akan pentingnya membaca untuk mendukung pembelajaran yang efektif. 2) Menumbuhkan kemampuan berprikir kritis siswa. 3) Menumbuhkan jiwa kepemimpinan siswa.

 

Kemudian, 4) Mengembangkan kreatifitas siswa dalam mengelola pojok baca di kelas, 5) Menjadikan kegiatan literasi sebagai budaya positif di sekolah, dan 6) Menumbuhkan budi pekerti dan kepribadian yang baik kepada siswa.

 

Program ini pada dasarnya dirancang untuk menjadi wadah berkreasi dan berinovasi bagi murid-murid. Program literasi, dapat menumbuhkan kreatifitas dan juga mengedukasi murid akan pentingnya budaya literasi.

 

Murid perlu diperkenalkan betapa pentingnya kegiatan literasi yang dilakukan, sehingga sebagai generasi muda penerus bangsa, akan selalu menjunjung budaya yang mampu melestarikan budaya membaca. Diperlukan sebuah pembiasaan yang menjadi sebuah budaya.

 

Dengan pelaksanaan kegiatan yang rutin dan berkelajutan dari program ini, maka dampak pada murid dalam hal meningkatkan minat dan bakat serta jiwa kepemimpinan dan juga kepedulian akan literasi akan membuahkan hasil. Budaya literasi, dipastikan akan berdampak positif bagi kelangsungan proses pendidikan.

Penulis: Atika Juliana (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad