Transformasi Pendidikan Melalui Standar Teknologi Digital ala Kemdikbudristek - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 07 Desember 2023

Transformasi Pendidikan Melalui Standar Teknologi Digital ala Kemdikbudristek


JAKARTA,
ANETRY.NET
– Konsultan manajemen global independen, Oliver Wyman, merilis

laporan tentang dampak terkini kebijakan Merdeka Belajar dan peran teknologi dalam transformasi ekosistem pendidikan Indonesia.

 

Analisis Oliver Wyman terhadap transformasi pendidikan di Indonesia menunjukkan tanda-tanda positif peningkatan efisiensi, serta perubahan pola pikir dan perilaku di kalangan pelaku pendidikan.

 

Dalam penelitiannya Oliver Wyman mencatat, beberapa tantangan utama dalam sistem pendidikan Indonesia yang besar dan kompleks, yang menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan Indonesia.

 

Pertama, kurikulum one-size-fits-all menyebabkan kurangnya kesadaran di antara kepala sekolah tentang pentingnya menyesuaikan strategi pembelajaran dengan keadaan sekolah.

 

Kemudian, mentalitas "zona nyaman" yang menghambat motivasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Terakhir, akses pelatihan berkualitas yang terbatas karena distribusi letak fasilitas pelatihan guru yang belum merata, dan sistem pengelolaan pelatihan yang terdesentralisasi menyebabkan terbatasnya kuota pelatihan.

 

Dalam hal ini, Kemdikbudristek meluncurkan kebijakan komprehensif yang bertujuan untuk mentransformasi sistem pendidikan Indonesia. Kemendikbudristek mengimplementasikan kebijakan tersebut dengan membangun dan mengembangkan ekosistem produk teknologi, seperti Platform Merdeka Mengajar (PMM), Rapor Pendidikan, ARKAS, dan SIPLah.

 

Selama kurang dari dua tahun, platform tersebut secara terintegrasi telah menjadi bagian dari penunjang operasional dan aktivitas pembelajaran bagi lebih dari 3 juta guru di Indonesia.  

 

"Ada pergeseran global yang menuju digitalisasi dan membuat pendidikan lebih cerdas. Meskipun tujuan umum untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam reformasi pendidikan serupa secara global, negara berkembang menghadapi tantangan unik," kata Claudia Wang, Partner dan Asia Pacific Education Practice Lead, Oliver Wyman.

 

Dalam laporan, Rabu (6/12) itu, Oliver Wyman mencatat, gerakan Merdeka Belajar telah berhasil menjanjikan ekosistem digital yang dikembangkan Kemdikbudristek.

 

Dalam riset itu, Oliver Wyman melakukan analisis berdasarkan survei terhadap 118.000 guru dan kepala sekolah. Selain itu juga data aktual penggunaan pemanfaatan platform digital yang diluncurkan Kemdikbudristek. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad