Tips Menjalankan Program Gerakan Literasi Sekolah - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 Desember 2023

Tips Menjalankan Program Gerakan Literasi Sekolah


ANETRY.NET
Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu. Keterampilan itu dalam bidang membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu.

 

Oleh sebab itu, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. Karena literasi berkaitan dengan keseharian seseorang dalam kehidupannya.

 

Dengan menguasai literasi dasar, siswa akan mampu memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Literasi pertama yang sangat penting dalam dunia pendidikan adalah literasi membaca dan menulis.

 

Untuk memulainya, dapat dilakukan dengan memperkenalkan kebiasaan membaca sejak dini. Kebiasaan membaca yang dibangun sejak dini, akan membantu siswa menjadi lebih terbiasa membaca dan memperluas wawasan mereka.

 

Selanjutnya adalah dengan membuat lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar yang kondusif, dapat membantu siswa fokus dan nyaman dalam proses pembelajaran. Orang tua dan pendidik dapat membuat ruang kelas yang menarik, dengan menyediakan peralatan belajar yang memadai, seperti buku-buku, papan tulis, dan komputer.

 

Berikutnya, bisa dengan menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi dapat membantu siswa mengembangkan literasi mereka. Orang tua dan pendidik dapat menggunakan perangkat lunak dan aplikasi yang menarik untuk membantu siswa belajar membaca dan menulis dengan lebih mudah dan menyenangkan.

 

Seterusnya adalah dengan mendorong diskusi dan refleksi. Diskusi dan refleksi dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka baca.

 

Seterusnya, dengan memberikan umpan balik dan dukungan. Umpan balik dan dukungan dari pendidik sangat penting untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi mereka.

 

Untuk mewujudkannya, seluruh guru dan staf sekolah harus bekerja sama dalam menerapkan program literasi. Sehingga siswa dapat terbiasa dengan budaya literasi di sekolah. Llingkungan sekolah sangat berperan penting terhadap budaya literasi sekolah.

Penulis: Wahyu Sri Bulan, S.Pd (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad