Seberapa Pentingkah Gerakan Literasi Bagi Siswa? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 Desember 2023

Seberapa Pentingkah Gerakan Literasi Bagi Siswa?


ANETRY.NET
Gerakan literasi sekolah atau di singkat dengan GLS, adalah sebuah kemampuan untuk memahami dan menggunakan sesuatu sebagai aktivitas dari membaca, melihat, menyimak, menulis atau berbicara.


Kegiatan ini, mampu mengembangkan kemampuan literasi siswa, baik dari segi membaca dan menulis. Karena dua hal ini adalah kemampuan yang sangat penting bagi siswa. Seorang siswa yang tidak bisa membaca secara otomatis siswa tersebut juga susah untuk menulis.

 

Namun kenyataan yang dihadapi di lapangan, masih banyak siswa yang susah untuk membaca dan menulis. Karna kemampuan literasi siswa tersebut rendah. Oleh sebab itu, begitu sangat penting dengan adanya gerakan literasi bagi siswa.

 

Untuk memulai gerakan literasi bagi siswa ini, bisa dimulai dengan menanamkan lima belas menit membaca. Yaitu lima belas menit membaca buku sebelum pembelajaran di mulai. Dan peserta didik mengisi jurnal membacanya setiap hari dari buku yang telah dibaca.

 

Tentunya dengan bimbingan dan pengawasan guru, agar gerakan literasi bisa berjalan dengan baik. Dengan demikian, keluhan yang dihadapi guru terhadap siswa yang masih kurang dalam membaca dan menulis, dapat berkurang.

 

Selain dengan gerakan membaca lima belas menit. Bisa juga membuat pojok baca di masing-masing kelas, agar para siswa terdorong untuk membaca buku. Selain itu, bisa juga dengan mendorong para siswa untuk sering mengunjungi perpustakaan. Dengan seringnya para siswa mengunjungi perpustakan, diharapkan peserta didik mampu meningkatkan kemampuan membacanya. Dan kemampuan literasi para siswa juga meningkat seiring berjalannya waktu.

 

Sebelum memulai itu semua, guru juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan literasi tersebut. Karena guru adalah panutan utama bagi siswa di sekolah. Oleh sebab itu, untuk membangkitkan semangat para siswa untuk membaca, tentunya dimulai oleh guru itu sendiri.

 

Setelah itu bisa mengajak para siswa untuk bekerja sama dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Tentunya dengan dukungan oleh orang tua siswa itu sendiri.

 

Gerakan literasi bagi siswa ini, akan terwujud tentunya dengan kerjasama antara guru, siswa dan orang tua siswa. Agar gerakan literasi ini dapat terlaksana dengan baik.

Penulis: Fatimah Zahrah, S.Pd (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad