Pentingnya Gerakan Literasi Sekolah Bagi Peserta Didik sebagai Penerus Bangsa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 Desember 2023

Pentingnya Gerakan Literasi Sekolah Bagi Peserta Didik sebagai Penerus Bangsa


ANETRY.NET
GLS atau Gerakan literasi sekolah, merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting dilakukan di dunia pendidikan. Kegiatan literasi sekolah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, berhitung, dan lain sebagainya.

 

Namun, kenyataannya pada zaman milenial ini, tingkat literasi peserta didik rendah. Seperti pada saat pembelajaran berlangsung, peserta didik lebih cendrung bertanya dari pada membaca.

 

Untuk itu kegiatan literasi sekolah penting dilakukan. Contohnya adalah, peserta didik dapat mengunjungi perpustakaan yang ada pada sekolah. Guru juga dapat menerapkan program gerakan lima belas menit membaca sebelum proses pembelajaran berlansung.

 

Pada kegiatan gerakan lima belas menit membaca ini, peserta didik dapat mengambil buku sesuai dengan keinginannya di pojok buku dalam kelas. Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca sekitar 10-15 menit.  Setelah itu, mereka diminta untuk membuat kesimpulan ataupun merangkum secara lisan terhadap bacaan yang telah dibacanya.

 

Kegiatan tersebut dapat menumbuhkan minat baca peserta didik. Apalagi guru dapat membuat kreasi pojok baca di kelas dengan menarik, sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar.

 

Selanjutnya, kegiatan literasi pada tingkat sekolah dasar khususnya pada peserta didik kelas rendah (1 - 3), adalah di mana guru melakukan kegiatan bercerita atau membaca nyaring. Kemudian siswa merangkumnya sesuai dengan topik dan isi cerita yang disampaikan oleh guru.

 

Kegiatan literasi lainnya, seperti guru bersama peserta didik dapat membuat beberapa pohon literasi di dalam kelas, serta slogan-slogan yang di tempel pada dinding kelas bahkan sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut sangat berguna bagi peserta didik pada zaman sekarang, dan masa yang akan datang.

Penulis: Lidra Permata Sari, S.Pd (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad