Pentingnya Gerakan Literasi Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan Guru? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 10 Desember 2023

Pentingnya Gerakan Literasi Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan Guru?


ANETRY.NET
Apakah Gerakan Literasi Sekolah (GLS) itu penting? Jawabannya, penting!

 

Mengapa begitu penting GLS tersebut? Menurut penulis, gerakan literasi bisa mendukung pembelajaran siswa, baik dari segi agar mereka bisa membaca, menulis serta berhitung.

 

Keterampilan literasi adalah kunci untuk masa depan siswa nanti. Hal itu disebabkan, di masa depan banyak tantangan yang akan dihadapi.  Dan keterampilan literasi dapat membantu mereka mengarungi masa depan.

 

Terus untuk apa kita bertelirasi? Kepentingan adanya gerakan literasi, adalah untuk mengembangkan literasi dan numerasi peserta didik. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat agar peserta didik semakin tertarik dan terlatih untuk menulis. Selain itu, juga untuk memahami informasi di sekelilingnya.

 

Bagaimana memulai gerakan literasi itu? Hal itu bisa dilakukan sejak dini, terkhusus untuk peserta didik tingkat sekolah dasar(SD).

 

Untuk itu, pastikan dalam sehari siswa bisa meluangkan waktu untuk mengembangkan minat menulis. Misalnya pada waktu siswa datang ke sekolah, sepantasnya tenaga pendidik memberi kesempatan siswa untuk bercerita kejadian yang mereka alami saat berada di rumah, sampai berangkat ke sekolah.

 

Apakah harus semua guru harus ikut? Jawabnya adalah, iya. Karena guru adalah panutan oleh siswa saat berada di sekolah.

 

Maka dari itu, agar semua siswa terbiasa dengan budaya literasi sekolah, penulis mengajak siswa untuk bisa rajin dalam belajar menulis.

Penulis: Siti Fatimah, S.Pd (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad