Nilai Penting Gerakan Literasi Sekolah, SDI Darul Makmur Melenggang Maju - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 10 Desember 2023

Nilai Penting Gerakan Literasi Sekolah, SDI Darul Makmur Melenggang Maju


ANETRY.NET
Di zaman modern yang penuh dengan kemajuan dan pendidikan seperti sekarang ini, gerakan literasi sekolah sangatlah penting. Literasi dibutuhkan karena manfaatnya begitu banyak.

 

Beberapa tahun belakangan, semua sekolah dasar sudah bergerak ke arah literasi, khususnya SD Islam Darul Makmur yang mewajibkan setiap kelas punya sudut baca, sudut literasi dan menulis puisi.

 

Hasil tulisan siswa itu dipajang di majalah dinding (madding) setiap kelas, supaya bisa dibaca oleh siswa lain, yang akhirnya juga dapat memotivasi mereka untuk mulai membaca dan menulis. Dengan sering membaca akan membuat mereka lancar membaca dan menambah kosakata serta pengetahuan juga semakin meningkat.

 

Sebagai salah satu SD Islam yang ada di Ampek Angkek, yang memiliki kewajiban sama seperti SD lain, yaitu mencerdaskan kehidupan anak bangsa, SD Islam Darul Makmur memiliki mata pelajaran agama yang mengimbangi mata pelajaran umum, serta siswa yang berasal dari berbagai kecamatan. Untuk itu, sudah sepantasnya memulai Gerakan Literasi Sekolah (GLS) semenjak dini.

 

Gerakan literasi di sekolah, berguna untuk menunjang minat baca dan menulis, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan mereka. Adanya gerakan  literasi sekolah dibawah pendampingan lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, diharapkan gerakan literasi di SD Islam Darul Makmur akan lebih terarah dan bermutu ke depannya. Sehingga SD Islam Darul Makmur akan selalu diminati oleh banyak orang dimanapun mereka berada.

 

Gerakan literasi ini dapat dimulai dari diri sendiri, sebagai seorang guru atau siswa, dapat memulai dari hal-hal yang kecil yang selalu dihadapi sehari-hari. Setelah itu dapat melangkah sedikit demi sedikit pada masalah lain. Jika seorang guru sudah mulai bergerak di bidang literas, tentu saja siswa akan mengikuti, karena guru akan selalu digugu dan ditiru oleh muridnya.

 

Menurut penulis, harus semua guru ikut memulai gerakan literasi sekolah. Karena hal tersebut akan langsung memotivasi siswa, sehingga tidak susah berupaya untuk mengajak dan membimbing mereka.

 

Dengan demikian, tidak ada alasan lagi bagi mereka untuk bermalas-malasan karena sudah ada guru sebagai contoh dan teladan. Bagi guru yang memiliki masalah berat dan beban pikiran hingga menyebabkan stres, menulis juga bisa jadi salah satu solusi untuk mengurangi hal tersebut dibandingkan dipendam sendirian.

Penulis: Marlaini  (Guru SD Islam Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad