Makna Pentingnya Gerakan Literasi Sekolah, Ayo Disimak! - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 Desember 2023

Makna Pentingnya Gerakan Literasi Sekolah, Ayo Disimak!


ANETRY.NET
Literasi, adalah kemampuan membaca dan menulis untuk memahami informasi adalah kemampuan yang sangat penting. Siapapun perlu memilikinya.

 

Manusia yang kodratnya diamanahkan Tuhan Yang Maha Esa sebagai khalifah atau pengelola dan pemimpin di bumi, sudah semestinya memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas tersebut.  Kecakapan yang perlu dimiliki adalah seperti memahami identitas, kodrat, tugas peran serta memahami lingkungan sekitar, alam dan tuhan.

 

Dalam mencapai pemahaman itu, literasi atau kemampuan membaca dan menulis adalah kemampuan yang sangat berpengaruh dalam menentukan pengetahuan dan pemahaman seseorang sebagai bekal menjalani kehidupan. Literasi juga berperan dalam mengembangkan dan mengasah potensi yang telah dianugrahkan tuhan yang maha esa berupa kecerdasan untuk mencapai ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan hidup.

 

Bagi seorang umat Islam, perintah yang awal dan pertama turun  adalah “iqra” yang artinya membaca. Membaca di sini tidak hanya membaca huruf, simbol, angka, data dan juga tabel. Jauh lebih luas, kemampuan literasi dari membaca yang dimaksud adalah kemampuan dalam memahami yang tersurat, tersirat dan hikmah.

 

Di lingkungan sekolah, literasi sangat penting dalam membangun dan mengembangkan kompetensi peserta didik untuk bekal di masa depan.  Beriringan dengan semakin pesatnya tuntunan zaman, diharapkan peserta didik dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan dan pemanfaatan teknologi, sebagai langkah efektif menjawab tantangan zaman tersebut. 

 

Literasi bagi peserta didik, adalah jalan memahami diri. Dengan demikian, mereka dapat melaksanakan perintah agama, serta dapat diterima dilingkungan sosial, budaya dan masyarakat guna mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

 

Kegiatan literasi di sekolah, dapat dilakukan dengan melibatkan segala stakeholder atau segala pihak yang terkait. Selain itu, perlu juga memanfaatkan segala potensi yang ada di sekitar lingkungan sekolah.

 

Beberapa hal yang dapat dilakukan, adalah dengan menumbuhkan minat membaca bagi peserta didik dan menjelaskan pentingnya mamfaat membaca. Minat baca ini, dapat ditanamkan sejak dini dengan berbagai cara kreatif, seperti menyediakan media yang menarik, menuliskan, menggambarkan ide kreatif dengan unik maupun menyosialisasikan kepada seluruh pihak warga sekolah.

 

Selain itu, kegiatan literasi di sekolah, juga dapat dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif seperti memanfaatkan perpustakaan, dinding sekolah, dinding kelas, atau hal-hal terdekat yang mudah dijangkau peserta didik dalam menumbuhkan kecintaan membaca dalam memahami sesuatu.

 

Pada akhirnya, kompetensi literasi, numerasi, media, dan digital, serta hal-hal sekitar peserta didik, mampu memberikan kekayaan pengetahuan. Selain untuk memahami lebih jauh manfaat literasi, pada akhirnya menjadikan peserta didik dapat berupa menuangkan ide dan gagasannya maupun menstimulus orang-orang di sekitarnya dalam memberikan manfaat untuk orang banyak.

 

Orang yang memiliki literasi yang baik, juga mampu mengubah dan melakukan hal-hal besar dalam hidupnya. Dengan kemampuan literasi diharapkan tercapainya tujuan pendidikan seperti kata Bapak Republik Indonesia, Tan Malaka, pendidikan adalah untuk menguatkan kemauan dan memperhalus perasaan.

Penulis: Ratnasari, S.Pd (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad