Gerakan Literasi Sekolah Tercipta dengan Upaya Bersama - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 Desember 2023

Gerakan Literasi Sekolah Tercipta dengan Upaya Bersama


ANETRY.NET
– Literasi dalam artian kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi, merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu dan menjadi kunci masa depan.

 

Kemampuan literasi ini, mencakup kemampuan membaca, berbicara, menyimak dan menulis. Penguasaan yang baik pada kemampuan literasi, akan mendorong individu untuk berpikir kritis,  memperluas pengetahuan dan pengalamannya serta mengembangkan kreatifitasnya sehingga tercapai kemajuan dan peningkatan diri.

 

Pentingnya kemampuan literasi, menjadikan kegiatan literasi harus menjadi prioritas dan budaya positif di sekolah. Namun faktanya, di era perkembangan zaman yang semakin maju dan melek dengan teknologi, tampaknya berpengaruh pada budaya literasi generasi milineal masa kini.

 

Contohnya saja, alih-alih disibukkan dengan games online, generasi muda seakan menepi dari dunia luar dengan kurangnya berkomunikasi. Untuk itu, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) penting adanya, sebagai upaya untuk menumbuhkan kembali budaya literasi, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan terciptanya pembelajar sepanjang hayat.

 

Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini, tentunya harus diupayakan secara bersama. Tidak hanya tentang siswa sebagai peserta didik, namun juga guru. Guru harus memahami literasi, agar dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan dan potensinya yang relevan dengan perkembangan teknologi.

 

Adapun untuk meningkatkan dan menumbuhkan kembali budaya literasi ini, SD Islam Darul Makmur sebagai salah satu sekolah dasar yang tengah mengupayakan kegiatan GLS, berupaya dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu juga menjadi sekolah yang ramah literasi melalui slogan-slogan, poster serta kata motivasi yang terpampang pada tiang dan dinding sekolah.

 

Begitu pula dalam proses pembelajaran di dalam kelas, guru berusaha menggunakan berbagai variasi dan media pembelajaran. Penggunaan teknologi digital pada media ajar, dan menciptakan sudut baca di dalam kelas, lebih menarik perhatian siswa dalam berliterasi.

 

Di samping itu, adanya upaya siswa untuk mendukung kegiatan Gerakan Literasi  Sekolah (GLS) ini melalui kegiatan pengembangan minat dan bakat berupa menulis puisi, cerpen, dan pantun yang dilaksanakan setiap hari Sabtu “Program Sabtu Bermutu”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk menjadikan literasi sebagai prioritas dan budaya positif di sekolah adalah bagian dari upaya bersama.

Penulis: Eva Yanti, S.Pd (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad