Gerakan Literasi Sekolah SD Islam Darul Makmur - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 09 Desember 2023

Gerakan Literasi Sekolah SD Islam Darul Makmur


ANETRY.NET
– Gerakan Literasi Sekolah (GLS), sangat penting dalam memperkaya ilmu pengetahuan. GLS, juga berguna mengembangkan aktivitas mencari informasi dan membuka wawasan dan keterampilan semua warga sekolah.

 

Hal itu bukan saja untuk peserta didik, namun juga bagi Kepala Sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan. Khusus untuk peserta didik di lingkungan SD Islam Darul Makmur, juga menjadi hal penting untuk dikembangkan.

 

Begitu pentingnya kegiatan literasi, Sekolah SD Islam Darul Makmur membuat program pembelajaran literasi. Hal itu ditandai dengan membuat sudut baca di masing -masing kelas, mulai dari kelas I sampai kelas VI.

 

Selain itu juga membuat pajangan slogan dan majalah dinding di sekitar lingkungan sekolah. Juga melaksanakan kegiatan pembiasaan  tahfizh yang dilaksanakan sebelum pembelajaran setiap pagi, dan membiasakan membaca buku 15 menit sebelum pembelajaran.  

 

Di samping itu, di SDI Darul Makmur juga dilaksanakan shalat Dhuha,  membaca bacaan zikir dan doa, mempraktikkan bacaan shalat jenazah, dan membaca Asmaul Husna, serta melaksanakan kegiatan Kader Mubaligh Cilik. Juga ada kegiatan kultum setiap pagi Jumat, serta latihan percakapan berbahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

 

Setiap pagi Sabtu, siswa diajak melakukan aktivitas bercerita, sehingga mereka dapat terampil untuk berbicara di depan umum. Selain itu juga dengan menulis puisi dan cerpen bagi peserta didik, menulis artikel bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang berada di lingkungan SD Islam Darul Makmur.

 

Kegiatan literasi tersebut dilakukan oleh semua peserta didik sebagai kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan secara bergantian, dimulai dari hari Selasa sampai hari Sabtu, bertempat di halaman sekolah. Waktu yang digunakan adalah pukul 07.00 sampai pukul 08.00 pagis sebelum pembelajaran dimulai, dengan dipandu oleh guru kelas bersama guru mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

 

Gerakan Literasi di SD Islam Darul Makmur dapat menumbuhkan minat baca. Selain itu juga meningkatkan keterampilan menulis ,meningkatkan keterampilan berbicara, baik peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan yang ada,termasuk Kepala sekolah.

 

Untuk memulai kegiatan literasi tersebut, maka sekolah melaksanakan kegiatan mulai dari diri masing-masing. Juga dengan melaksanakan kegiatan secara berkesinambungan, dan mendukung serta memotivasi seluruh warga sekolah dalam menggiatkan literasi, sehingga menjadi suatu budaya dan kebutuhan.

 

Dengan adanya kegiatan literasi di SD Islam Darul Makmur, diharapkan dapat menumbuhkembangkan budaya literasi, baik dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dan hal itu sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi pada zaman sekarang ini. (*)

Penulis: Yanti Yunita, S.Pd. (Kepala SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad