Gerakan Literasi Sekolah, Saatnya Guru Jadi Pioneer - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 10 Desember 2023

Gerakan Literasi Sekolah, Saatnya Guru Jadi Pioneer




ANETRY.NET
– Sebagaimana yang penulis ketahui, literasi adalah kemampuan atau keterampilan membaca. Selain itu juga terkait dengan menulis, dan berhitung, hingga mampu berfikir lebih kritis.

 

Untuk apa literasi? Pada zaman sekarang ini, pembiasaan literasi perlu sekali di lingkungan sekolah. Hal itu karena peserta didik merupakan calon-calon pemimpin dan harapan di masa depan, yang nantinya diharapkan akan membentuk perubahan yang lebih baik, apakah itu harapan keluarga, agama, juga negara. Maka dari itu dengan lebih banyak literasi khususnya membaca, pengetahuan akan jadi lebih banyak.

 

Berbicara tentang peserta didik, sebenarnya pembiasaan literasi juga harus dilakukan oleh seluruh warga sekolah, apakah itu guru dan juga pimpinan sekolah. Dengan pembiasaan literasi, kegiatan belajar dan mengajar, akan berjalan dengan baik. Pengetahuan yang dimiliki oleh guru di sekolah, dapat ditransformasikan kepada siswa.

 

Bagaimana memulainya? Untuk memulai pembiasaan literasi, pada dasarnya tidak harus seorang peserta didik itu disuruh membaca buku dari awal sampai habis dalam waktu singkat.  Karena tidak semua orang bisa menyukai kegiatan membaca dan menulis secara spontan dan instan.

 

Hal ini juga dikarenakan tipe setiap manusia itu berbeda. Kegiatan literasi mungkin bisa dimulai dengan lebih sering membaca kata-kata bijak atau slogan yang ada di lingkungan sekolah, atau menulis kata-kata positif yang dapat membuat peserta didik itu merasa senang.

 

Pembiasaan literasi, harus dilakukan oleh semua guru di sekolah. Guru merupakan contoh dan patokan semua peserta didik. Sebagaimana yang dirasakan penulis sendiri, khususnya di jenjang SD kelas 1. Bagi peserta didik apa yang disampaikan gurunya, adalah hal yang baik dan mungkin benar.

Penulis: Cici Nofrianti, S.Pd (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad