Gerakan Literasi Sekolah, Meminimalkan Pengaruh Negatif Gadget - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 Desember 2023

Gerakan Literasi Sekolah, Meminimalkan Pengaruh Negatif Gadget


ANETRY.NET
Sepenting apa gerakan literasi sekolah (GLS) bagi pelajar masa sekarang? Jawabannya adalah sangat penting.

 

Akhir-akhir ini, minat baca pelajar menurun karena adanya pengaruh gadget berlebihan. Salah satunya yaitu pengaruh dari kebiasaan bermain game.

 

Banyak dari para pelajar memanfaatkan waktu luang mereka hanya untuk bermain game di ponsel. Salah satu contoh game yang populer dikalangan pelajar sekolah yaitu Mobile Legend, PUBG maupun game lainnya.

 

Menurut penelitian, bermain gadget yang berlebihan, juga mampu menurunkan konsentrasi serta daya ingat seorang anak. Kadar radiasi yang disalurkan lewat gadget, mampu menurunkan daya ingat, apalagi minat baca seorang anak.

 

Oleh karena itu, salah satu upaya yang tepat untuk menanggulangi kurangnya minat baca seorang anak yaitu dengan membangun gerakan literasi di sekolah. Menurut penulis, sekolah salah satu wadah yang tepat untuk membangun kembali minat baca seorang anak.

 

Salah satu contoh dengan diadakannya ekstrakurikuler yang berhubungan dengan membaca, atau menyisihkan beberapa menit untuk siswa membaca terlebih dahulu sebelum proses pembelajaran dimulai. Manfaat membaca sangatlah banyak, contohnya saja dengan membaca mampu mengasah daya ingat otak dan pikiran.

 

Maka daripada itu, penulis menyimpulkan, untuk menanggulangi minat baca yang menurun di kalangan pelajar karena pengaruh gadget yang berlebihan, salah satu caranya adalah dengan membangun gerakan literasi di sekolah. Karena, dengan gerakan literasi di sekolah itu sendiri setidaknya beberapa kali dalam satu minggu, para pelajar mengembangkan minat baca mereka kembali.

Penulis: Meireni Novita (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad