Gerakan Literasi Sekolah, Butuh Kerja Sama Semua Elemen - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 10 Desember 2023

Gerakan Literasi Sekolah, Butuh Kerja Sama Semua Elemen


ANETRY.NET
Gerakan literasi sekolah sudah menjadi program di setiap sekolah. Maka gerakan literasi tersebut bagi sekolah sangat penting. Gerakan literasi sekolah dapat menghasilkan manfaat yang sangat banyak.  

 

Gerakan literasi, berguna bagi sekolah dalam perihal membaca, menulis, berhitung dan menyelesaikan suatu masalah yang terjadi pada sekolah tersebut. Gerakan literasi, tidak hanya berpatokan pada teks bacaan saja.

 

Gerakan literasi dapat juga dikatakan sebagai pemecahan dari suatu masalah yang ditemukan. Pemecahan masalah ini, sering digunakan setiap sekolah. Dengan adanya kemampuan literasi seorang pendidik dan seorang siswa dapat memecahkan suatu masalah dengan baik dan benar. 

 

Apabila tidak adanya kegiatan literasi di sekolah, seorang pendidik dan seorang siswa tidak dapat melakukan proses belajar mengajar dengan maksimal. Dan dengan adanya kegiatan literasi, seorang pendidik menjadi kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar. Seorang siswa dapat merasakan memiliki kreativitas dan jiwa yang inovatif, yang mana telah dikembangkan oleh seorang pendidik.

 

Adapun manfaat kegiatan literasi di sekolah, antara lain dapat menumbuhkan kemampuan wawasan berpikir kritis. Selain itu untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan mencerdaskan untuk berpikir kritis dalam proses pembelajaran.

 

Literasi sekolah, biasanya dapat menggunakan pojok baca ataupun poster di dalam kelas. Sedang untuk di luar kelas, bisa menggunakan mading ataupun slogan. Dengan cara tersebut sekolah sudah bisa menggerakan kegiatan literasi.

 

Ada beberapa media yang bisa digunakan untuk meningkatkan kegiatan literasi dalam proses belajar mengajar, yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Contohnya, dapat menggunakan media pembelajaran seperti canva, google classroom, media gambar, media manipulatif dan papan tulis.

 

Pendidik atau guru, merupakan patokan atau tolak ukur yang sangat baik bagi para siswa. Dengan demikian gerakan literasi ini tidak hanya berpatokan pada guru atau pendidik saja. Namun, kegiatan literasi ini dapat juga dilakukan oleh semua warga di sekolah, termasuk juga wali murid. Apabila hanya pendidik yang menggerakkan kegiatan literasi di sekolah, maka kegiatan literasi ini tidak akan berjalan dengan maksimal.

 

Siswa dapat melakukan kegiatan literasi dengan baik apabila pendidik atau guru selalu memberi semangat. Dengan cara memberi motivasi dan apresiasi, untuk apa yang telah siswa capai dan  karya yang dihasilkan oleh mereka.

 

Maka, kekompakan antara pendidik dan siswa ataupun dengan wali murid, diperlukan untuk menjalankan gerakan literasi secara maksimal dan bermanfaat bagi sekolah. Dengan adanya dukungan tersebut, siswa sangat senang melakukan gerakan literasi di sekolah.

Penulis: Sari Safitri Febriani, S.Pd (Guru SDI Darul Makmur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad