Gerakan Literasi, Dimulai dari Pembiasaan Guru - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 10 Desember 2023

Gerakan Literasi, Dimulai dari Pembiasaan Guru


ANETRY.NET
– Gerakan literasi sekolah sangat penting. Gerakan literasi sekolah merupakan salah satu upaya pemerintah menumbuhkan budi pekerti peserta didik.

 

Sebagai generasi bangsa, peserta didik perlu memiliki akhlak atau moral yang baik menurut kriteria agama. Literasi sangat berperan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan budi pekerti peserta didik sejak dini.

 

Dewasa ini, minat literasi masyarakat sekolah terbilang rendah. Padahal sesuai perkembangan zaman, peserta didik mesti menjadi manusia yang cerdas, kreatif dan inovatif.

 

Banyak pelajar bahkan guru menganggap bahwa literasi hanya seputar kegiatan membaca. Sedangkan menurut KBBI, literasi merupakan kemampuan membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah. Merujuk pada pengertian literasi yang sesungguhnya maka sangat penting, rasanya penting mengembangkan gerakan literasi terutama di lingkungan sekolah.

 

Menurut Riyadh (2022), manfaat literasi adalah, 1) Memperkaya perbendaharaan kata “kosa kata”; 2) Mengoptimalkan kinerja otak, karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis; 3) Memperluas wawasan dan memperoleh informasi baru; 4) Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik; 5) Mengasah kemampuan dalam menangkap dan memahami informasi dari bacaan; 6) Meningkatkan kemampuan verbal seseorang; 7) Meningkatkan kepekaan terhadap informasi yang ada di platform media terutama digital; 8) Melatih diri untuk bisa menulis dan merangkai kata dengan baik.

 

Masih menurut Riyadh (2022), tujuan literasi itu sendiri adalah 1) Meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi bermanfaat; 2) Membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca; 3) Membantu orang berpikir secara kritis dan mampu menanggapi dengan bijaksana; 4) Memperkuat nilai kepribadian dan mengembangkan budi pekerti yang baik melalui kegiatan membaca dan menulis; 5) Menciptakan budaya membaca di sekolah dan masyarakat.

 

Berdasarkan pengertian, manfaat, dan tujuan dari literasi itu sendiri, maka sangat penting untuk mengembangkan gerakan literasi di sekolah. Hal itu berguna memajukan kemampuan pelajar abad 21. Sebagaimana kriteria dari pelajar abad 21 adalah berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaboratif.

 

Gerakan literasi perlu digiatkan dari sekarang dalam rangka mengupayakan kemajuan kemampuan peserta didik, dalam hal ini guru memiliki peran yang besar. Sebagaimana diketahui, peserta didik merupakan peniru ulung, maka dari itu guru perlu menjadi contoh yang baik bagi peserta didik. Seperti guru yang lebih dulu memulai pembiasaan membaca dan menulis.

 

SD Islam Darul Makmur, telah memulai kegiatan literasi sekolah. Seperti di setiap sudut sekolah telah dipajang beberapa bacaan yang bermanfaat. Selain itu di kelas-kelas telah diupayakan gerakan literasi, seperti sebelum memulai pelajaran, peserta didik diminta untuk membaca buku dan menyimpulkannya dalam bentuk tulisan atau lisan. Dalam rangka memajukan literasi sekolah, SD Islam Darul Makmur juga mengadakan pelatihan bagi guru dan siswa bersama narasumber luar biasa.

 

Sebagai seorang guru, penulis merasa  memiliki tanggung jawab yang besar dalam menciptakan generasi literasi yang berguna bagi bangsa dan negara. Untuk itu, penulis berupaya meningkatkan literasi guna memajukan kemampuan peserta didik.

 

Seperti dalam proses pembelajaran, penulis  menerapkan teori belajar konstruktifisme, di mana siswa dilatih untuk mengembangkan pengetahuannya sendiri. Dalam hal mengembangkan pengetahuannya sendiri, siswa dapat melakukanya melalui kegiatan literasi.

 

Untuk kelancaran dan demi tercapainya tujuan dari kegiatan literasi ini, maka tentu semua guru wajib ikut serta. Jika semua guru sudah ikut berperan aktif dalam memajukan gerakan literasi, maka pasti gerakan literasi sekolah ini dapat berjalan lancar dan dapat mencapai tujuannya.

Penulis: Nadila Mega Saputri, S.Pd (Guru SD Islam Darul Makmur) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad