Pentingnya Dukungan Orang Tua dalam Kesuksesan Akademik Anak - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 11 Oktober 2023

Pentingnya Dukungan Orang Tua dalam Kesuksesan Akademik Anak


ANETRY.NET
Pendidikan adalah aspek penting dalam kehidupan setiap anak. Sementara itu, orang tua memiliki peran utama dalam memastikan kesuksesan akademik anak-anak mereka.

 

Peran orang tua dalam pendidikan anak-anak, bukan hanya sekadar tentang memberikan dukungan finansial saja, tetapi juga mencakup aspek-aspek emosional, motivasional. Selain itu juga perlu terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

 

Motivasi adalah motor utama di balik kesuksesan belajar anak. Orang tua memiliki peran penting dalam memotivasi anak-anak mereka untuk berpartisipasi di sekolah. Dr. Diana M. Ikarsai, seorang psikolog pendidikan, telah meneliti hubungan antara dukungan dengan emosional orang tua dan motovasi belajar anak. Ia menyoroti pentingnya memberikan pujian dan dukungan emosional kepada anak-anak sebagai faktor meningkatkan motivasi belajar mereka.

 

Dalam konteks ini, menjadi penting bagi orang tua untuk memahami kebutuhan emosional anak-anak mereka. Mendengarkan dan merespon perasaan mereka, serta memberikan dorongan positif, dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang positif. Peran orang tua yang memberikan dukungan emoasional dan pujian yang tulus, memberikan pesan bahwa usaha belajar anak dihargai, yang pada gilirannya meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.

 

Keterlibatan orang tua dalam proses pembalajaran anak-anaknya, adalah salah satu faktor kunci kesuksesan akademik. Menurut Dr. M. Rustam, seorang ahli pendidikan di Indonesia , orang tua yang aktif berpartiasipasi dalam kegiatan sekolah anak, cenderung memiliki anak-anak yang lebih baik dalam mata pelajaran seperti matematika dan membaca. Ini bukan hanya tentang menghadiri. pertemuan sekolah, tetapi juga melibatkan diri dalam pendidikan sehari-hari anak-anak.

 

Orang tua dapat membantu anak-anak mereka dengan tugas-tugas rumah, mengajukan pertanyaan tentang apa yang merka pelajari di sekolah, dan bahkan membaca bersama mereka. Dengan berpartisipasi aktif dalm pendidikan anak-anak, orang tua memberikan dukungan nyata yang dapat memperkuat pemahaman dan keterampilan akademik anak-anak mereka.

 

Dalam konteks di Indonesia, dukungan orang tua dapat mencakup penyediaan akses dan sumber daya pendidikan yang diperlukan. Menurut Dr. Mohammad Nur, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, orang tua perlu bekerja sama dengan pemerintah dan sekolah untuk memastikan anak memiliki akses yang setara ke pendidikan yang berkualitas, dan sumber daya pendidikan yang memadai.

 

Ini bisa mencakup memberikan teks pelajaran, atau sumber daya belajar lainya yang diperlukan anak-anak. Terlebih lagi orang tua dapat mencari bahan pembelajaran tambahan, seperti kursus online atau kunjungan ke perpustakaan untuk melengkapi pendidikan formal yang diberikan oleh sekolah. Dengan cara ini, orang tua berperan sebagi fasilitator dalam upaya belajar anak-anak mereka.

 

Selain memberikan motivasi dan dukungan dalam proses belajar, orang tua berperan dalam membantu anak mereka mengatasi tantangan akademik. Misalnya jika seoarang anak mengalami kesulitan dalam mata pelaran tertentu, orang tua dapat mencari bantuan tambahan seperti les privat atau dukungan dari guru. Ini menunjukkan bahwa orang tua tidak hanya dalam memotivasi anak untuk belajar, tetapi juga sebagi pendukung ketika anak menghadapi kesulitan.

 

Dukungan oring tua dalam pendidikan anak-anak, adalah faktor utama dalam kesuksan akademik mereka. Motivasi, keterlibatan aktif, dan penyediaan sumber daya pendidikan yang memadai, adalah beberapa aspek penting yang dapat membantu anak-anak mencapai potensi penuh mereka.

 

Orang tua, lembaga pendidikan dan pemerintah, perlu bekerja sama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi perkembangan anak-anak. Melalui kerjasama ini, dapat  dmastikan masa depan yang lebih cerah dan berpendidikan bagi generasi muad Indonesia.

 

Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk masa depan pendidikan anak-anak mereka. Dan dukungan mereka adalah investasi yang sangat berharga dalam menciptakan genarasi yang cemerlang di masa yang kan datang.

 

Referensi

1. Ikasari, D. M. (2016). Hubungan antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

2. Rusman, M. (2011). Pendidikan Partisipatif: Pemikiran Praktis Bagi Pendidik dan Orang Tua. PT RajaGrafindo Persada.

3.  Nuh, M. (2011). Transformasi Pendidikan Nasional: Menuju Merdeka Belajar. Erlangga.

Penulis: Helni Paita, S.Pd. MM (Kepala UPT SDN 01 Limo Kaum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad