Dampak Pandemi Covid-19 di Dunia Pendidikan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 13 Oktober 2023

Dampak Pandemi Covid-19 di Dunia Pendidikan


ANETRY.NET
– Pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada dunia pendidikan di seluruh dunia. Pada masa itu, dampaknya benar-benar meluluhlantakkan semua sendi aktivitas utama masyarakat, termasuk pendidikan.

 

Beberapa dampak utama termasuk, pembatasan fisik dan penutupan sekolah. Untuk mengendalikan penyebaran virus, banyak negara telah menutup sekolah dan universitas. Ini telah memaksa jutaan siswa untuk belajar dari rumah atau menghadapi gangguan dalam jadwal dan proses pembelajaran.

 

Pada saat itu juga terjadi Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran online dan jarak jauh telah menjadi solusi utama untuk melanjutkan pendidikan selama pandemi. Namun, ini tidak selalu dapat diakses oleh semua siswa karena masalah koneksi internet, akses ke perangkat, dan tantangan lainnya.

 

Selain itu, gangguan pada kalender akademik juga terjadi. Pandemi telah menyebabkan gangguan besar pada kalender akademik, termasuk penundaan ujian, perubahan tanggal libur, dan modifikasi pada jadwal pembelajaran.

 

Begitu pula dengan dampak psikologis. Isolasi sosial, perubahan drastis dalam cara belajar, dan kekhawatiran tentang kesehatan telah menyebabkan dampak psikologis pada siswa, guru, dan staf pendidikan.

 

Akibatnya, terjadi kesenjangan pendidikan. Dampak pandemi tidak merata, dengan beberapa siswa mampu mengatasi tantangan pembelajaran jarak jauh, sementara yang lain mengalami kesulitan besar. Ini telah memperbesar kesenjangan pendidikan dan akses ke teknologi.

 

Demikian juga dengan perubahan metode pengajaran. Banyak guru telah terpaksa beradaptasi dengan cara baru mengajar melalui teknologi, yang memerlukan penyesuaian besar dalam pendekatan mereka terhadap pengajaran.

 

Sementara pada urusan ekonomi juga terjadi perubahan. Sekolah dan perguruan tinggi yang bergantung pada pendapatan dari biaya kuliah, perdagangan, dan lainnya telah mengalami kesulitan keuangan karena penurunan jumlah siswa dan kehilangan pendapatan lainnya.

 

Di ain hal, terbentuklah inovasi dan perubahan. Pandemi telah mendorong inovasi dalam pendidikan, seperti penggunaan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh, pengembangan platform pembelajaran online, dan eksperimen dengan model pendidikan hibrida. Sedangkan pada bidang kesehatan dan keselamatan, menjadi prioritas utama, memerlukan perubahan besar dalam protokol dan infrastruktur sekolah.

 

Perubahan-perubahan itu, melumpuhkan sektor ekonomi dan kemungkinan besar apabila ini berkelanjutan akan mengakibatkan terjadinya krisis ekonomi. Dampak COVID-19 pada pendidikan masih berlanjut, dan situasinya berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada perkembangan pandemi dan kebijakan pemerintah setempat.

 

Seiring berjalannya waktu, pendidikan mungkin akan mengalami transformasi lebih lanjut dalam hal metode pengajaran, akses teknologi, dan pendekatan pembelajaran.

Penulis: Rukmini, S.Pd (Guru UPT SDN 01 Limo Kaum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad