Blow-up Informasi Positif, P3SDM Melati Siapkan Pelatihan Jurnalistik untuk Admin Sekolah - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 24 Oktober 2023

Blow-up Informasi Positif, P3SDM Melati Siapkan Pelatihan Jurnalistik untuk Admin Sekolah


TANAH DATAR,
ANETRY.NET
– “Saatnya sekolah memiliki media informasi yang dapat dijadikan wadah serupa kegiatan jurnalistik. Dengan demikian, informasi positif dunia pendidikan akan mengisi ruang-ruang baca.”

 

Demikian disampaikan Nova Indra, Chief Executive Officer (CEO) pusat pengakjian dan pengembangan sumber daya manusia (P3SDM) Melati di hadapan guru dan kepala sekolah dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus VI Rambatan, Tanah Datar, Senin (23/10).

 

Saat ini, ujar pria yang tengah mendampingi guru-guru di Luhak nan Tuo dalam rangka pengembangan gerakan literasi menulis dan literasi digital menuju peluncuran Kabupaten Literasi itu, informasi positif dunia pendidikan kurang terjamah pemberitaan.

 

“Bila selama ini, ada sekolah yang memiliki media informasi, kita melihatnya sebagai media statis. Tidak berkembang pada media informasi dinamis, dengan konten-konten yang dapat menyamai pemberitaan seperti pada media-media mainstream,” sambung owner media pendidikan dan jurnal ilmiah nasional itu.

 

Ia melanjutkan, program yang sedang dikerjakannnya di Kabupaten Tanah Datar, sejak awal ditekankan pada bidang kepenulisan dan literasi digital. Salah satunya adalah pengembangan gerakan media informasi sekolah melalui mini-web atau blog sekolah.

 

“Sangat disayangkan bila informasi kegiatan sekolah, yang diyakini sangat banyak dan layak diberitakan, tetapi terpendam tanpa sentuhan sama sekali. Kini saatnya sekolah memiliki media dengan keterampilan pemberitaan layaknya para jurnalis,” tuturnya.

 

Sambungnya lagi, setelah pendampingan kepenulisan artikel dan buku guru, pihaknya akan lakukan pelatihan untuk masing-masing admin sekolah untuk keterampilan penulisan berita dan hal-hal yang berkaitan dengan kejurnalistikan.

 

“Tidak cukup hanya dengan memiliki website saja, harus ada tenaga terampil di masing-masing sekolah yang setara dengan para jurnalis. Ini sebuah keniscayaan di tengah-tengah pertumbuhan media informasi yang kian masif,” pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad