Semangat Belajar Siswa, Motivasi Kinerja Guru di Kelas - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 15 September 2023

Semangat Belajar Siswa, Motivasi Kinerja Guru di Kelas


ANETRY.NET
– Semangat belajar siswa adalah harapan semua guru. Begitu pula yang penulis harapkan ketika mengajar di kelas 4.

 

Ironisnya, setiap penulis masuk dikelas 4 penulis selalu berhadapan dengan wajah -wajah lesu yang kurang semangat. Sebagian mereka sibuk dengan kegiatan masing-masing, yang menandakan mereka kurang fokus dalam belajar.

 

Mereka selalu dipanggil agar fokus dalam belajar dan menghentikan seluruh kegiatan yang tidak bermamfaat. Untuk menghidupkan suasana kelas,  penulis terkadang melontarkan beberapa pertanyaan dengan harapan mereka semangat. Namun yang terjadi, sebagian mereka terdiam seribu bahasa , tidak tahu apa jawaban yang akan diberikan.

 

Kurangnya semangat belajar kelas 4, juga didukung oleh latar belakang mereka yang sebagian kurang lancar dalam membaca. Sehingga ketika hendak diadakan metode belajar dengan diskusi, mereka mengalami kesusahan, yang akhirnya menyebabkan mereka bosan dan pembelajaran menjadi tidak menarik bagi mereka.

 

Mirisnya, ada salah seorang siswa yang sering bertanya, “kapan istirahat buk...?” Itu adalah kata-kata yang tidak ingin didengar guru sebelum jam belajar habis. Namun itulah kenyataan yang penulis hadapi.

 

Kurangnya motivasi siswa dalam belajar, juga tidak sepenuhnya kesalahan siswa. Semangat belajar siswa dipengaruhi oleh banyak hal, seperti latar belakang keluarga yang kurang mendukung terhadap pendidikan anaknya, kurangnya kontrol penggunaan HP terhadap anak serta pengaruh lingkungan, baik yang jauh maupun yang dekat.

 

Bertolak dari keadaan tersebut, maka akan ditemui kesulitan-kesulitan dalam belajar. Namun sebagai seorang guru penulis berusaha memberikan perhatian dan bimbingan yang sama kepada seluruh siswa

 

Semangat.....!” adalah kata-kata yang sering dilontarkan guru kepada seorang siswa karena wajah siswa yang semangat menjadi motivasi terbaik seorang guru. Dengan wajah semangat yang ditampilkan siswa, guru akan merasakan kenikmatan mengajar  yang sesungguhnya dan juga mendorong lahirnya ide-ide kreatif seorang guru.

 

Namun sebaliknya, kurangnya semangat siswa dalam belajar akan menjadi tantangan bagi guru dalam mengajar. Begitu juga yang akan penulis lakukan dikelas 4. Bagaimana menjadikan kelas 4 dari yang tidak bersemangat menjadi semangat.

 

Untuk melakukan hal tersebut, tentu tidaklah mudah perlu faktor pendukung lainnya seperti dukungan dan perhatian orang tua serta lengkapnya sarana dan prasarana di sekolah. Harapan penulis, semoga ke depannya berhadapan dengan wajah-wajah semangat dalam belajar dan pembelajaran bisa berhasil. (*/ilustrasi: net)

Penulis: Mesrawati, S.Pd.SD (UPT SDN 26 Padang Magek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad