Pro-Kontra Perkembangan Teknologi Informasi - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 16 September 2023

Pro-Kontra Perkembangan Teknologi Informasi


ANETRY.NET
– Kehidupan masyarakat saat ini, dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat pengaruhnya terhadap dunia pendidikan.

 

Tuntutan global, menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap upaya meningkatan mutu. Terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Teknologi informasi merupakan perkembangan sistem informasi dengan menggabungkan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi (Budiman, 2010).

 

Teknologi Informasi, adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global (Jogiyanto, 2008).

 

Teknologi mempunyai tujuan untu memebrian serta menyediakan barang-barang yang disesuaikan dengan pekembangan zaman, sehingga barang tersebut dapat membantu pekerjaan lebih mudah. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan memiliki banyak sisi positif, namun tidak luput dari sisi negatif.

 

Perlunya seorang tenaga ahli dan dan sumber daya manusia yang mumpuni, untuk mengelola teknologi dengan tepat menjadi sebuah media atau alat untuk meningkatkan mutu pendidikan sangat penting dilakukan. Pembuatan teknologi untuk pendidikan, harus mempertimbangkan nilai-nilai edukasi dan etika dalam menggunakan teknologi, sehingga fungsi dari teknologi pendidikan dapat dimanfaatkan oleh pendidikan semaksimal mungkin.

 

Perkembangan teknologi mempunyai pro dan konta terhadap perkembagan siswa terutama bagi siswa sekolah dasar pada dasaranya siswa memanfaatkan teknologi untuk pendidikan dan bersenang-senang. Manfaaat dari perkembagan teknologi adalah memudahkan siswa untuk mengakses berbagai informasi mengenai pembelajaran baik itu melalaui video maupun memalui buku elektronik.

 

Pada pandemi Covid-19, perkembangan teknologi sangat membantu dalam proses pemebelajaran karena pembelajaran bisa tetap dilaksanakan dengan pemanfaatan teknologi seperti Zoom, Google Meet dan WhatsApp.

 

Contoh teknologi yang sering digunakan adalah ponsel dan internet. Pada siswa sekolah dasar pengguanaan ponsel dan internat merupakan hal yang lumrah mereka pelajari, karena perkembangan zaman saat ini menuntut agar sisswa dapat beradaptasi dalam pengguanaan ponsel dan internet. Ponsel merupakan salah salah satu alat komunikasi dan juga kita bisa mengakses internet menggunakan ponsel.

 

Saat ini kemajuan teknologi banyak disalahgunakan oleh siswa, di mana siswa banyak menggunakan ke hal yang negatif saat siswa mendapatkan tugas dari sekolah. Sekarang ini banyak ditemui anak-anak balita sudah banyak menggukan ponsel dan bisa memoperasikannya, di mana ini merupakan salah satu tindakan yang kurang tepat, karena perkembangan teknologi harus dipergunkan secara tepat.

 

Pengguaan teknologi juga sangat memepengaruhi interaksi sosial, di mana masyarakat sibuk dengan kemajuan teknologi seperti penggunaan handphone (HP). Saat ini manyarakat kurang berinteraksi dengan masyarakat lainnya di mana sering dengar pepatah ‘yang jauh semakin dekat yang dekat semakin jauh.’

 

Penelitian yang dilakukan oleh Muclis Aziz dan Nurainiah (2019) menunjukkan , penggunaan handphone menyebabkan remaja kurang peka terhadap lingkungan dan menurunkan kualitas pertemuan secara langsung. Siswa saat ini sibuk dengan hp dikarenakan pada hp  bisa mengakses berbagai permainan online. Siswa tersebut sibuk dengan hp dan tidak peduli dengan orang sekitar, game online yang mereka mainkan juga menganggu berbagai aktifitas belajar.

 

Padahal, teknologi harusnya diciptakan untuk membantu pekerjaan masusia sehingga manusia harusnya menguasai teknologi agar teknologi dapat berkembang dan bermanfaat dengan maksimal, bukan malah manusia yang dikuasai oleh teknologi. Selain itu, Yohannes Marryono Jamun (2018) dalam artikelnya yang berjudul Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan, juga menuturkan bahwa teknologi memberikan peluang terjadinya tindakan kriminal di dunia pendidikan. Hal itu seperti pencurian dokumen penting, dan tatanan pendidikan yang dirahasiakan oleh sebuah lembaga.

 

Solusi untuk menangani kekurangan dari teknologi pendidikan, salah satunya adalah dibekalinya peserta didik dengan kemampuan literasi. Di era digital saat ini, kemampuan literasi tidak hanya sebatas kemampuan membaca, menulis, dan menganalisis, namun ada beberapa komponen (Ajizah, 2021). (*)

Referensi

1. Ajizah, I. 2021. Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Istighna, (4) 1: 25-36.

2. Aziz,M dan Nurainiah. 2018. Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja Di Desa Dayah Meunara Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh  Utara,” Jurnal Al-Ijtimaiyyah: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam 4(2) :19-38.

3. Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. 8(1): 31-43.

4. Jamun, YM. 2018. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 10(1): 48-52.

5. Jogiyanto, Hm. 2008. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Penulis: Syafliarti (UPT SDN 09 Simawang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad