Peringati HAI 2023, Kemdikbudristek Dorong Penuntasan Buta Aksara - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 29 September 2023

Peringati HAI 2023, Kemdikbudristek Dorong Penuntasan Buta Aksara


JAKARTA,
ANETRY.NET
– Kemdikbudristek melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (Direktorat PMPK), menyelenggarakan peringatan Hari Aksara Internasional Tingkat Nasional tahun 2023.

 

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Iwan Syahril, mengatakan peringatan HAI tingkat nasional ini merupakan bentuk konsistensi Pemerintah Indonesia dalam penuntasan buta aksara. Sekaligus  peningkatan literasi penduduk dewasa, melalui berbagai kegiatan inovatif pendidikan keaksaraan dasar dan lanjutan bagi warga masyarakat buta aksara.

 

Setiap tahunnya, Kemdikbudristek terus menggalakkan program penuntasan buta aksara ini secara terstruktur. Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, angka buta aksara di Indonesia usia 15 s.d. 59 tahun tinggal 1,50 persen atau sekitar 2.666.859 orang. Jumlah ini menurun dibandingkan dengan data angka buta aksara tahun 2021 yaitu 1,56 persen atau sekitar 2.761.189 orang.

 

Menurut Iwan, penurunan angka buta aksara ini adalah salah satu indikator dari keberhasilan atau kemajuan pendidikan suatu negara atau bahkan telah menjadi komitmen dunia yang tertuang dalam program Education 2030 (Sustainable Development Goals’s).

 

“Peringatan HAI ini merupakan momen yang tepat bagi kita untuk memperkuat kembali komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan pemulihan pembelajaran,” tutur Iwan.

 

Tema peringatan HAI tingkat nasional ke-58 ini adalah ‘Merdeka Belajar untuk Memajukan Literasi di Tengah Transisi Peradaban Dunia: Membangun Fondasi untuk Masyarakat Damai dan Berkelanjutan’.

 

Tema ini terinspirasi dari tema HAI UNESCO, yaitu ‘Promoting Literacy for a World in Transition: Building The Foundation for Sustainable and Peaceful Societies’.

 

Direktur UNESCO untuk Indonesia, Ms. Maki Hayashikawa mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang turut memperingati HAI ke-58. Menurutnya, peringatan HAI ini menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bergabung mempromosikan transisi dunia dan membangun landasan bagi masyarakat yang berkelanjutan dan damai.

 

“Peringatan HAI tahun ini mengingatkan kita akan peran penting manusia, aspirasi kebutuhan dan kemampuan mereka, serta berkontribusi bagi  lingkungan di mana mereka tinggal untuk mewujudkan aktivitas yang bermakna,” ucap Ms. Maki Hayashikawa. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad