Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 15 September 2023

Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak


ANETRY.NET
Orang tua memegang peranan penting dalam pendidikan anak. Pendidikan pertama kali didapat si anak adalah dalam keluarganya sendiri.

 

Pendidikan di lingkungan keluarga, sangat strategis untuk memberikan pendidikan yang menyangkut perilaku anak. Orang tua menjadi contoh bagi anak, karena anak biasanya meniru apa yang diperbuat oleh orang tuanya.

 

Oleh sebab itu orang harus mampu memberi contoh teladan yang baik tutur kata yang sopan, lembut dan tutur kata seperti itulah idaman dari anak. Keteladanan dan kebiasaan yang baik dalam keseharian dapat diberikan sejak dini, karena  hal itu besar pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa anak.

 

Orang tua selayaknya sangat memperhatikan perkembangan pendidikan anak-anaknya, mampu memfasilitasi kebutuhan pendidikan anaknya, dalam hal ini sering terabaikan sehingga  kebutuhan anak tidak terpenuhi. Jangan sampai anak tidak dipersiapkan untuk jadi manusia dewasa, anak berkembang tanpa ada norma ataupun aturan yang pasti diikut anak. Tidak ada tujuan pada diri anak apa yang harus diperbuatnya bila tidak ada arahan atau bimbingan dari Orang Tuanya.

 

Hal seperti ini tidak disadari oleh orang tua. Orang tua berbuat demikian mungkin tidak tahu dan tidak mengerti bagaimana mendidik anak. Orang tua harus mampu membagi waktu, membagi perhatiannya terhadap kesibukan yang ada dalam keluarga. Dalam membagi perhatian tak kalah penting adalah kasih sayang terhadap anak, tanpa membedakan satu dengan yang lain. Kasih sayang terhadap anak menjadi dasar membentuk kepribadiannya.

 

Peran penting orang tua terhadap pendidikan anak, bukan hal yang patut diremehkan. Sebab pendidikan adalah modal utama yang wajib dimiliki oleh individu yang hidup, agar bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

 

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, dapat memberi dampak positif bagi anak. Pada saat ini orang tua terlibat langsung di sekolah dasar yang disebut Komite Kelas. Komite kelas juga berperan dalam memotivasi serta memberi dorongan terhadap anak, orang tua yang terlibat di sekolah akan menuai dampak positif bagi anak.

 

Di sini, tidak hanya guru dan lingkungan saja yang berperan, akan tetapi kemunculan ketiga unsur yaitu pihak sekolah, orang tua, dan lingkungan yang baik sangat berperan penting dalam mengapai hasil belajar anak. (*)

Penulis: Murni, S.Pd (UPT SDN 26 Padang Magek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad