Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 08 September 2023

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak


ANETRY.NET
– Menjadi orang tua itu tidaklah mudah, karena sekolah menjadi orang tua yang baik dan berhasil mendidik anaknya tidak ada, tetapi sekolah untuk menjadi doktor, menjadi arsitek, menjadi guru, menjadi tentara, menjadi dosen dan yang lainnya ada.

 

Sering kita dengar dan kita lihat bahwa tidak sedikit anak-anak yang salah dalam pergaulan, putus sekolah karena kemauannya sendiri bukan karena kurang biaya, anak-anak yang narkoba di masa sekolah dan juga ada masih status siswa sudah melahirkan. Dengan kejadian-kejadian yang ada itu siapa yang akan kita salahkan? itu tidaklah terlepas peran orangtuanya.

 

Zaman dahulu orang tua ada anaknya yang 8 orang, ada yang 10, dan yang sedikit anaknya 4 atau 5 orang, jumlah anak dari orang tua kita masa dahulu boleh dikatakan banyak, dan dari sekian yang itu boleh dikatakan berhasil dalam mendidik anaknya. Kebanyakan orang tua yang berhasil mendidik anaknya bukan dari kalangan yang berpangkat, melainkan dari kalangan menengah kebawah.

 

Namun masa sekarang anak dari orang tua paling banyak ada 3 dan ada juga yang satu. Tidak bisa kita pungkiri anak-anak masa sekarang banyak yang di besarkan di tangan pengasuh, itu dikarenakan orang tua keduanya terlalu sibuk dalam mengurus pekerjaannya masing-masing, dan segala kemauan anak dipenuhi tampa dipertimbangkan akibatnya.

 

Dengan zaman yang serba canggih sekarang ini, tidak sedikit anak-anak yang salah dalam pemakaian teknologi. Teknologi sekarang kalau orang tua tidak membimbing anaknya dalam pemakaian di rumah, itu banyak membawa dampak negative daripada fositifnya.

 

Bisa kita lihat dari kota sampai ke desa-desa sekarang anak-anak sosialnya sangatlah kurang karena disibukkan dengan bermain hp masing-masing, banyak yang tidak tegur sapa di jalanan karena sedang pegang hp, ada anak yang melawan kepada orang tua karena tidak dibelikan paket, dan yang lebih parahnya masih balita asik pegang hp.

 

Ada juga orang tua supaya tidak di ganggu anaknya dalam bekerja dikasih hp, itu semua tidaklah baik dalam dunia Pendidikan dan juga dalam dunia Kesehatan. Dari situ kita baru tau kalau menjadi orang tua itu tidaklah mudah, dan kita harus tau cara mendidik anak yang baik, cara mencontohkan sikap yang baik, karena anak juga bisa belajar dengan mencontoh kebiasaan-kebiasaan orang tua di rumah.

 

Kalau orang tua mencontohkan kebiasan-kebiasaan yang baik mulai dari kecil InshaAllah anak juga bisa menjadi baik, namun sebaliknya, kalau orang tua di rumah ada kebiasaan yang buruk otomatis anak kita akan hidup dilingkungan tidak baik dan hasilnya juga besar kemungkinan tidak baik.

 

Sebenarnya peran orang tua itu sangatlah penting sekali dalam mendidik anak mulai dari kecil sampai anak itu bisa mandiri dalam berbagai hal, maka dari itu orangtua adalah orang pertama yang mengajarkan pendidikan kepada anaknya, dari mulai balita, anak-anak hingga dewasa. Namun, ada juga orangtua yang tidak dapat membimbing anak lagi dalam belajar karena dengan alasan sudah sekolah dan ada guru yang mengajar, atau pun karena sibuk.

 

Nah, di sinilah harus dilakukannya suatu evaluasi, di mana orangtua tidak bisa terlepas membimbing anaknya dalam belajar walaupun anak sudah sekolah dan ada guru yang mengajar ketika di sekolah, tetapi orangtua harus tetap membimbing belajar anak dan memantau kegiatan sehari-hari anak.

 

Guru memang mereka adalah orangtua kedua anak apabila di sekolah dan guru akan mengajar dan membimbing anak apabila di sekolah , selain itu adalah tanggung jawab orangtua di rumah. Nah, disinilah begitu pentingnya peran orangtua dalam pendidikan anak.

 

Peran orangtua dalam pendidikan anak sangat penting, dengan perhatian dan support yang akan membuat anak semangat, anak merasa diperhatikan dan juga anak merasa disayang.

 

Beberapa hal penting yang harus dilakukan orangtua di antaranya: 1) Membangun komunikasi yang baik dengan anak. 2) Senantiasa menjadi pendengar setia anak, bisa mendengar keluhan, kebahagiaan dan keseharian anak. 3) Memperhatikan pergaulan anak sehari-hari. 4) Mengatur waktu anak. 5) Berikan perhatian dan waktu kepada anak. 6) Menjadi guru saat di rumah.

 

Tanggung jawab dari orang tua adalah untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anak dalam mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat. (*/ilustrasi: net)

Penulis:  Irmawati, S.Pd.SD (UPT SDN 09 Simawang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad