Pentingnya Penanaman Karakter Anak Sejak Dini - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 08 September 2023

Pentingnya Penanaman Karakter Anak Sejak Dini


ANETRY.NET
– Kedudukan karakter dalam perjalanan setiap manusia, sangatlah penting sekali. Bahkan pembentukan karakter sejak dini, akan sangat menentukan bagaimana seseorang dalam menjalani hidupnya.

 

Pembentukan karakter anak, harus dimulai sejak usia dini. Tujuan pembentukan karakter sejak usia dini, adalah untuk membentuk kepribadian anak yang baik sehingga kelak ketika sudah dewasa menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia, yang dapat memberikan manfaat kepada sesama manusia dan lingkungannya.

 

Pembentukan karakter anak, harus menggunakan metode yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, sesuai dengan sarana-sarana ilmiah, dan metode yang mudah dilaksanakan oleh para orang tua maupun, pendidik dari berbagai strata sosial. Kesiapan orang tua maupun pendidik dalam pembentukan karakter anak, dapat dilihat dari cara mereka memperlakukan dan memperhatikan anak-anaknya. Bila mereka memperhatikan dan memperlakukan anak-anaknya dengan penuh perhatian dan kasih sayang maka salah satu cara pembentukan karakter anak telah terlaksana.

 

Masa anak-anak merupakan masa yang sangat menentukan kepribadian dasar pada diri seseorang, perkembangan dari sang anak tersebut juga melibatkan lebih banyak faktor bukan hanya sekedar perkembangan fisik melainkan juga dengan perilaku, proses berfikir, emosional, serta moral dan sikapnya. Agen utama yang yang membentuk perkembangan tersebut tentunya ialah keluarga, lingkungan sekitar serta tempat dimana ia besekolah.

 

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus diberi modal pengetahuan, keterampilan serta karakter yang baik, dari itu semua bisa menjadi warga Negara yang cerdas serta tidak menyimpang dari ajaran moral yang telah ditanam oleh orang tua maupun gurunya.

 

Contoh pendidikan karakter yang bisa diterapkan pada anak di sekolah antara lain: 1) Religius. Sifat religius mengacu ajaran agama yang dianutnya dan mengutamakan hidup rukun dan toleransi. 2) Jujur. Nilai kejujuran  melalui pendidikan karakter dengan teknik modeling, jujur merupakan karakter yang terbentuk dari sikap amanah. Memiliki pribadi jujur membuat diri menjadi seseorang yang selalu dipercaya dalam hal apa pun. Perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari bisa diterapkan di mana saja.

 

Selanjutnya, 3) Toleransi dan menghargai. Sifat toleransi dan saling menghargai kepada masyarakat lainnya. Contoh dalam perilaku sehari-hari tidak memaksakan pendapat sendiri di atas kepentingan golongan dan menghargai pemikiran orang lain. 4) Disipin. Sifat disiplin masyarakat menunjukkan perilaku tertib terhadap berbagai ketentuan dan peraturan. Dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dilakukan menaati peraturan cara berpakaian dan selalu tepat waktu. 5) Peduli lingkungan. Sikap peduli terhadap menjaga lingkungan seperti membuang sampah tempatnya.

 

Penanaman beberapa karakter di atas kepada anak didik di lembaga pendidikan  merupakan jembatan penghubung untuk menjembatani perubahan lingkungan maupun psikis anak saat akan masuk ke jenjang yang lebih tinggi. (*)

Penulis: Afdaliah, S.Pd (UPT SDN 10 Balimbing) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad