Pentingnya Pemahaman Wudhu bagi Setiap Orang - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 16 September 2023

Pentingnya Pemahaman Wudhu bagi Setiap Orang


ANETRY.NET
– Sangat menyedihkan. Wudhu yang dilakukan tapi asal-asalan, bawa dampak fatal.

 

Seseorang yang  hendak berwudhu untuk melakuan ibadah shalat atau mau melaksanakan membaca Al-Qur’an, adalah perbuatan yang sangat baik jika dilaksanakan denganan baik dan sempurna. Cara wudhu yang tidak benar akan mengakibatkan kepada ibadah. Ibadah  shalat seseorang yang  dilaksanakan dengan wudhu yang tidak sempurna, maka shalatnya sudah bisa dipastikan tidak sah.

 

Banyak otang yang sedang berwudhu di tempat umum, baik itu di masjid maupun mushalla, wudhunya hanya sekedar saja. Pernah diamati, di saat membasuh muka misalnya, hanya membasuh sebagian kecil saja yaitu bagian depan wajah saja, sementara yang diperintahkan seluruh wajah.

 

Maksudnya adalah mulai dari tempat tumbuhnya rambut bagian atas , bagian samping kiri dan samping kanan kepala. Kemudian bagian bawah adalah bagian dagu. Sementara kebanyakkan orang melakukan wudhu hanya sedikit bagian depan wajahnya. Ini sangat mengakibatkan kepada ibadah yang akan dilakukanya.

 

Jika dibiarkan terus-menerus, akan membuat dia rugi di akhirat nanti. Hal itu karena tidak sesuai dengan aturan dan tuntunan dalam ajaran syariat Islam. Maka perlu diadakan pembelajaran tentang wudhu menurut ilmu dan tata cara yang ada dalam ajaran islam tersebut. Sekaligus dilakukan praktek tata cara berwudhu yang benar dan sesuai dengan syari’at Islam.

 

Al-Qur’an memerintahkan berwudhu sebalum melaksanakan shalat.  Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melaksakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu samapai ke siku, dan usaplah kepalamu dan basuh kedua kakimu sampai kedua mata kaki… (QS. Al-Maidah : 6 )

 

Kemudian dalam hadist nabi mengatakan sebagai berikut. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “Allah tidak menerima shalat salah seorang diantara kalian yang berhadats samapai ia berwudhu.” Berdasarkan dari hadits di atas, jelas perintah Allah untuk menyuruh kita berwudhu dengan sempurna, agar ibadah shalat yang dilakukan bisa diterima, sebab sudah memenuhi salah satu syarat sah shalat yaitu wudhu yang sempurna,

 

Untuk melaksanakan shalat ada beberapa syarat. Syarat yang paling utama adalah wudhu yang sempurna atau wudhu yang sah. Hal ini amat perlu disampaikan dan diajarkan pada semua kalangan  mulai anak-anak, orang tau maupun orang dewasa. Karena banyak yang lalai dalam melaksanakan wudhunya. Untuk menjadikan wudhu yang baik harus mengikuti tata cara  berwudhu di bawah ini.

1.      Membaca niat wudhu

2.      Membasuh telapak tangan 3 kali hingga ke sela-sela jari

3.      Berkumur 3 kali

4.      Membersihkan lubang hidung 3 kali, dengan cara menghirup air ke dalam hidung untuk kemudian mengeluarkannya lagi

5.      Membasuh muka dari ujung kepala tumbuhnya rambut hingga bawah dagu

6.      Membasuh kedua tangan hingga siku sebanyak 3 kali

7.      Mengusap kepala 3 kali

8.      Mengusap kedua telinga secara bersamaan sebanyak 3 kali

9.      Mencuci kaki sampai mata kaki ataupun betis sebanyak 3 kali, diikuti dengan jari-jari kaki disela-selai dengan jari tangan

10.   Membaca doa setelah wudhu sebagai penyempurna.

Penulis: Jasrianto, S.Pd.I (UPT SDN 14 Balimbing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad