Pentingnya Menanamkan Semangat Literasi Dimulai dari Kelas Rendah - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 15 September 2023

Pentingnya Menanamkan Semangat Literasi Dimulai dari Kelas Rendah


ANETRY.NET
Sekolah dasar dipilih sebagai sarana penanaman literasi. Karena, diharapkan dengan pembiasaan literasi sejak usia dini, siswa dapat memperoleh kebiasaan berliterasi sebagai bekal untuk menghadapi masa yang akan datang.

 

Terdapat banyak kebijakan pemerintah yang diterapkan disekolah dasar mengenai literasi. Pemerintah sadar akan pentingnya literasi bagi siswa sekolah dasar, karena semakin baik pendidikan di suatu negara semakin baik pula kemampuan literasi di negara tersebut.

 

Literasi meliputi empat aspek kemampuan berbahasa yaitu membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Literasi dianggap penting karena dengan literasi akan membuka wawasan dan pengetahuan yang lebih luas.

 

Literasi (membaca dan menulis) perlu diterapkan dan diajarkan kepada siswa dari awal kelas karena merupakan dasar untuk tercapainya keberhasilan dalam proses belajar siswa. Keberhasilan pengembangan kemampuan literasi di kelas rendah dapat mendukung proses belajar di jenjang yang lebih tinggi.

 

Oleh karena itu, program literasi perlu dikembangkan di kelas rendah. Pelaksanaan program literasi di kelas rendah atau awal diharapkan dapat menciptakan kebiasaan, menumbuhkan minat membaca dan menulis serta membantu siswa agar dapat meningkatan kemampuan literasi.

 

Permasalahan dalam pendidikan sangat banyak yang dapat menimbulkan rendahnya kemampuan siswa dalam belajar, dilihat dari hal yang terkecil seperti, sarana dan prasarana sekolah yang tidak memadai. Hal lain yang sering dihadapi guru-guru yaitu metode yang digunakan tidak sesuai. Seperti halnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang kebanyakan siswa meremehkanya, padahal ilmu bahasa itu selalu berkembang.

 

Pendidikan merupakan suatu faktor yang penting bagi kehidupan manusia. Tingkat kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui pendidikan. Bukan hanya itu, pendidikan juga memiliki aktor yang sangat penting dalam pembangunan bangsa dan negara. Salah satu faktor pokok untuk mencapai sukses dalam segala bidang baik berupa studi, kerja, hobi, atau aktivitas apapun adalah minat.

 

Minat yang besar akan mendorong individu untuk melakukan hal-hal yang lebih baik. Minat melahirkan perhatian dan hal ini memungkinkan seseorang melakukan sesuatu dengan tekun untuk jangka waktu yang lama. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut terciptanya masyarakat yang gemar dalam literasi baca tulis.

 

Masyarakat yang gemar membaca dan menulis, memperoleh pengetahuan dan wawasan baru yang akan semakin meningkatkan kecerdasannya. Sehingga mereka lebih mampu menjawab tantangan hidup pada masa-masa mendatang.

 

Membaca pada era globalisasi informasi ini merupakan suatu keharusan yang mendasar untuk membentuk perilaku seorang. Dengan membaca seseorang dapat menambah informasi dan memperluas ilmu pengetahuan serta kebudayaan.

 

Tetapi, dengan rendahnya budaya membaca, orang tidak akan tertarik untuk membaca. Minat merupakan faktor yang sangat penting yang ada dalam diri setiap manusia. Meskipun motivasinya sangat kuat, tetapi jika minat tidak ada tentu kita tidak akan melakukan sesuatu yang dimotivasikan pada kita.

 

Begitu pula halnya kedudukan minat dalam membaca menduduki tingkat teratas, karena tanpa minat seseorang sukar akan melakukan kegiatan membaca. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba oleh orang tua ataupun pendidik untuk dapat meningkatkan literasi siswa:

 

Pertama, memperkenalkan kebiasaan membaca sejak dini.Kebiasaan membaca yang dibangun sejak dini akan membantu siswa menjadi lebih terbiasa membaca dan memperluas wawasan mereka. Orang tua dan pendidik dapat memberikan buku-buku yang sesuai dengan usia dan minat siswa untuk membantu mereka membangun kebiasaan membaca.

 

Kedua, membuat lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar yang kondusif dapat membantu siswa fokus dan nyaman dalam proses pembelajaran. Orang tua dan pendidik dapat membuat ruang kelas yang menarik, dengan menyediakan peralatan belajar yang memadai, seperti buku-buku, papan tulis, dan komputer.

 

Menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi dapat membantu siswa mengembangkan literasi mereka. Orang tua dan pendidik dapat menggunakan perangkat lunak dan aplikasi yang menarik untuk membantu siswa belajar membaca dan menulis dengan lebih mudah dan menyenangkan.

 

Namun, sebagaimana pedang bermata dua, penggunaan teknologi seperti internet dan perangkat lunak juga memiliki efek negatif, selain dari memberikan efek positif. Karena itu pengawasan yang baik harus tetap dilakukan agar siswa hanya mendapat efek positif dari penggunaan teknologi ini.

 

Meningkatkan literasi siswa adalah tugas yang tidak mudah, tetapi dengan mengikuti beberapa tips di atas, orang tua dan pendidik dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan membaca, menulis, dan berbicara yang lebih baik. Hal ini akan membantu siswa untuk mencapai potensi akademik mereka dan sukses di masa depan. (*)

Penulis: Musiana, S.Pd.SD (UPT SDN 26 Padang Magek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad