Pentingnya Kerjasama Pendidikan antara Sekolah dan Orang Tua - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 01 September 2023

Pentingnya Kerjasama Pendidikan antara Sekolah dan Orang Tua


ANETRY.NET
– Guru mempersiapkan mental dan ilmu pengetahuannya supaya bisa mentransfernya kepada siswa setiap hari.

 

Hal itu dilakukan dengan segala usaha mempersiapkan diri dalam menghadapi tugasnya sejak dari merencanakan pembelajaran, perlengkapannya sampai pelaksanaan pembelajaran di depan kelas. Selanjutnya, diupayakan hingga pada tahap evaluasi, supaya menyenangkan peserta didik dengan waktu yang digunakan cukup banyak di ruang kelas.

 

Walau bagaimanapun, usaha yang dilakukan guru di sebuah lembaga pendidikan supaya anak untuk jadi pandai dan berhasil. Tetapi bila usaha itu jalan sendiri tanpa dukungan dari pihak lain, mustahil akan berhasil. Kasus di sebuah sekolah, guru setiap hari memantau siswanya untuk melaksanakan shalat dan baca Al Quran di rumah, tetapi makin hari tidak meningkat karena hanya guru saja yang menginginkan untuk menyuruh anak shalat dan membaca Al Quran, sedangkan orang tuanya melakukan hal yang sama dengan guru.

 

Tanggung jawab pendidikan itu pertama sekali adalah orang tua dalam rumah tangga, maka orang tua harus bertanggung jawab. Allah SWT memberikan tanggung jawab pada orang tua dalam Al Quran surat Lukman (Surat ke 31) ayat: 13-19 tentang pendidikan di rumah tangga.

 

Hal itu disampaikan dengan mengisahkan Lukmanulhakim salah seorang contoh pendidik  dalam Al Qur’an yang mengajarkan tentang, 1) Mentauhidkan Allah (Mengesakan Allah), 2) Menyuruh anak untuk jadi orang yang bersyukur, 3) Menyuruh anak untuk mendirikan shalat, 4) Menyuruh anak untuk brbuat baik pada kedua orang tua, 5) Menyuruh anak untuk berlaku adil dalam kihidupan, dan 6) Menyuruh anak untuk tidak memiliki sifat sombong dan angkuh dalam kihidupan.

 

Dalam sebuah Hadist Rasulullah Saw yang artinya: “Rumah tangga adalah pendidikan yang awal sekali bagi seorang anak“. Seorang anak akan mendapatkan pendidikan yang pertamadalam kihidupannya. Kalau pendidikan yang diberikan orang tuanya benar dan dasar agama yang kuat, maka seorang anak mendapatkan agama yang kuat dan benar. Sebaliknya, kalau seorang anak tidak mendapatkan pendidikan yang baik maka anak tidak akan beriman bertaqwa.

 

Banyak pelajaran yang bisa diberikan orang tua terhadap anaknya diantaranya adalah 1) Anak diajari untuk mendirikan shalat, 2) Anak diajari untuk membaca Al Quran, 3) Anak diajari mengnghormati anggota keluarga, 4) Anak di ajari bertanggung jawab dalam mengerjakan sesuatu.

 

Dengan memperhatikan dasar Al Qu’ran dan hadist di atas, maka tanggung jawab pendidikan di rumah tangga sangat besar peran orang tua maka kalau tidak tepat didikan orang tua anak akan korban dan menjadi fitnah di tengah  tengah masyarakat bahkan bisa meresahkan kehidupan orang banyak, sebelumnya kita berikan pendidikan yang baik.

 

Tantangan  ke depan yang dihadapi di zaman ini, adalah pengaruh tekhnologi yang sangat berat dan membawa generasi muda. Yang jelas berakibat jauh dari agama dan akhlak mulia, serta adat istiadat yang berlaku di lingkungan tempat tinggal. Para orang tua, jangan sampai tidak mungajari anak untuk shalat lima waktu, serta tidak memerintahkan anak untuk peduli terhadap Al Qur’an sebagai dasar agama Islam.

 

Bila lalai, akibat waktu kecil tidak diajari agama, setelah jadi remaja sering mengganggu kehidupan orang dan malas melanjutkan pendidikan. Akibatnya putus sekolah sampai menjadi pemuda tidak ada kerja dan sering nongkrong di jalanan. Dan itu awal dari kejahatan dan sampai terlibat narkoba, mencuri, merampok, dan kejahatan lainnya.

 

Di masyarakat, seorang anak akan melihat dan menyerap semua tingkah laku yang dilihatnya setiap hari. Andaikata dalam masyarakat itu banyak ditemui yang bernilai positif, maka akan terbiasa bisa menirunya, tetapi kalau yang dilihatnya banyak yang buruk itulah yang dicontohnya. Maka masyarakat sangat membantu keberhasilan pendidikan di mana siswa kita berdomisili. (*)

Penulis: Suhaili. M, S.Ag (UPT SDN 03 Rambatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad