Pentingnya Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Bagi Peserta Didik - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 08 September 2023

Pentingnya Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Bagi Peserta Didik


ANETRY.NET
– Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengharuskan manusia untuk mengembangkan seluruh kompetensi yang dimilikinya. Pendidikan merupakan wahana untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki manusia.

 

Matematika sebagai bagian dari pendidikan, memiliki peranan penting dalam membentuk manusia kompeten yang mampu berkompetensi. Untuk mengatasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka dibutuhkan pemahaman konsep matematis sebagai landasannya.   

 

Mengingat pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis bagi peserta didik, maka matematika adalah mata pelajaran yang diberikan mulai dari sekolah dasar. Dengan belajar matematika maka peserta didik dapat memahami konsep, bernalar, memecahkan masalah, memiliki sikap menghargai kegunaan matematika, dan memiliki kemampuan berpikir logis.

 

Matematika membuat konsep abstrak yang tersusun secara hierarki. Dalam pembelajaran konsep tersebut tersusun mulai dari konsep yang paling mudah hingga konsep yang paling sulit. Konsep tersebut membentuk suatu rangkaian sebab akibat. Oleh karena itu, pemahaman yang keliru terhadap suatu konsep akan berdampak pada kekeliruan pemahaman terhadap konsep berikutnya.

 

Pemahaman konsep matematis juga menjadi prasyarat bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir matematis lainnya. Dengan demikian pemahaman konsep merupakan hal vital dalam pembelajaran matematika.

 

Penulis berharap peserta didik sekolah dasar mampu memahami konsep matematika. Memahami konsep matematika berada pada urutan pertama dalam tujuan pembelajaran matematika. Berarti, memahami konsep merupakan pondasi utama dalam proses pembelajaran. Jika konsep tidak mereka pahami dengan baik maka akan berdampak pada hasil belajar matematika mereka.

 

Hal itu dikarenakan konsep dalam matematika saling berkaitan dan berkesinambungan antara materi yang satu dengan materi yang lain. Jika konsep sudah mereka pahami dengan baik maka akan memudahkan mereka dalam mempelajari materi yang lebih komplek. Oleh sebab itu pemahaman konsep matematis penting untuk mereka kuasai.

 

Terdapat permasalahan pada pemahaman konsep matematis mereka. Pemahaman konsep matematis mereka masih tergolong rendah. Mereka belum menggunakan prosedur penyelesaian soal dengan sempurna dan belum mampu mengaplikasikan konsep yang sudah penulis ajarkan. Oleh karena itu pemahaman konsep matematis mereka perlu ditingkatkan.

 

Peningkatan yang dilakukan terutama dalam menyelesaikan soal kontekstual. Pada pembelajaran matematika mereka belum mempunyai pemahaman konsep yang baik. Dalam upaya mengatasi pemahaman konsep matematis mereka yang masih tergolong rendah perlu dikembangkan sumber belajar yang mendidik untuk mengembangkan kemampuan konsepnya.

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknoogi berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Pendidikan merupakan suatu bentuk lingkungan yang bertanggung jawab dalam memberikan asuhan terhadap perkembangan peserta didik, maka dari itu sekolah memiliki peranan penting dalam membimbing peserta didik untuk mencapai taraf perkembangan melalui pemenuhan tugas-tugas perkembangan secara maksimal.

 

Belajar tidak akan pernah lepas dari manusia karena pada hakikatnya belajar dilakukan manusia sepanjanghayatnya. Di zaman digital ini situasi lingkungan terus berubah seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kearah yang lebih modern, belajar menjadi suatu kebutuhan yang penting.

 

Tujuan utama dari proses pembelajaran yaitu pencapaian hasil belajar maksimal yang dicapai oleh peserta didik melalui kegiatan belajar. Hasil belajar merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. Observasi yang penulis lakukan di kelas 3 SD Negeri 08 Balimbing menunjukkan pemahaman konsep matematis peserta didik tergolong rendah, hasil belajar matematika mereka  rendah dan mereka tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

 

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam proses meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan perlu mendapat perhatian yang mendalam tentang nilai-nilai dan dasar-dasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satunya yaitu dengan memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.   

 

Pembelajaran matematika di SD, merupakan awal dari mulai seorang peserta didik untuk mendalami kemampuannya dalam memahami konsep-konsep di dalam matematika dan pengetahuan yang diperoleh, akan mempengaruhi pada jenjang pendidikan berikutnya. Matematika berkaitan dengan konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hierarkis.

 

Untuk mempelajari suatu konsep yang berdasarkan pada konsep yang lain, peserta didik perlu memahami terlebih dahulu konsep prasyarat tersebut, tanpa memahami konsep prasyarat tersebut tidak mungkin peserta didik mampu memahami konsep baru dengan baik. Untuk mendukung hal tersebut, materi matematika harus dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga pembelajaran matematika menyenangkan dan dapat dimengerti oleh peserta didik.

 

Peserta didik menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan bagi mereka. Banyak peserta didik yang kurang menyukai pelajaran matematika bahkan mereka menganggap matematika sebagai hal yang menakutkan. Mereka yang kurang menyukai pelajaran matematika akan menyebabkan kecemasan yang membuat kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dan berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika. (*/ilustrasi: net)

Penulis: Arinal Haq, S.Pd (Guru UPT SDN 08 Balimbing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad