Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pada Siswa Kelas 1 SD - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 15 September 2023

Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pada Siswa Kelas 1 SD


ANETRY.NET
Belajar  berbahasa  merupakan proses pembelajaran yang dilakukan sejak dini oleh manusia. Belajar bahasa identik dengan belajar berkomunikasi baik secara lisan  maupun  tertulis. 

 

Membaca merupakan sebuah proses pembelajaran berbahasa yang melibatkan indera penglihatan dan berpikir. Setiap manusia harus  memiliki  kemampuan  untuk membaca walaupun setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dengan membaca seseorang dapat mencari informasi guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

 

Membaca permulaan merupakan materi pembelajaran di sekolah dasar pada kelas  rendah.  Kegiatan  membaca permulaan menjadi kunci utama pembelajaran bahasa di kelas 1 dan kelas 2. Berdasarkan pengalaman pribadi peneliti bahwa pada tiga bulan pertama  peneliti  hanya  memberi  materi ajar membaca permulaan.

 

Materi pembelajaran yang lain diberikan setelah seluruh   siswa   dapat   membaca   dengan benar dan lancar. Mata pelajaran lain akan dapat berjalan dengan baik jika anak dapat membaca.

 

Penulis yang dilakukan di UPT SDN 26 Padang Magek, diawali dengan melakukan tes membaca. Tes membaca dilakukan untuk mengetahui kemampuan membaca awal anak. Berdasarkan tes tersebut, penulis menyimpulkan bahwa kemampuan anak dalam membaca permulaan tergolong rendah.

 

Hal ini dibuktikan dengan hasil tes membaca permulaan dari 8 anak ada 4 anak yang belum lancar mengeja dan membaca. Dengan hasil tes tersebut maka perlu dilakukan tindakan lebih lanjut guna meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan.

 

Penelitian yang dilakukan di kelas I UPT SDN 26 Padang Magek pada muatan pelajaran bahasa Indonesia mengambil Tujuan Pembelajaran 1.3 yaitu, peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Pada setiap pembelajaran maka kosa kata menyesuaikan dengan Tujuan Pembelajaran tersebut, misalnya  tentang  kegiatan  sehari-hari,   maka   kosa   kata   yang   digunakan antara lain sekolah, berjalan, senam, bermain, istirahat  dan  lain-lain.  Kartu  kata-kartu kata tersebut dirangkai menjadi sebuah kalimat sederhana.

 

Namun masalah yang timbul dalam pembelajaran membaca permulaan,  yaitu  anak  sudah  hafal  huruf dan dapat  mengeja namun membaca kata demi kata dalam sebuah kalimat masih mengalami kesulitan. Hal itu disebabkan karena penulis hanya menggunakan media papan tulis untuk mengajar membaca, penulis menyimpulkan bahwa media yang digunakan kurang efektif sehingga pembelajaran cenderung monoton.

 

Dengan demikian penulis mencoba menggunakan media kartu kata agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Media kartu kata yang digunakan penulis berbentuk potongan-potongan kertas yang bertuliskan kata-kata yang sesuai dengan Tujuan Pembelajaran 1.3 yaitu Membaca kata-kata yang dikenalinya.

 

Contoh kata yang digunakan adalah  tidur,  makan,  sekolah,  pagi, sarapan, sejuk dan lain sebagainya. Kartu kata akan diacak, kemudian siswa menyusun kartu kata menjadi kalimat yang benar. Kegiatan membaca permulaan akan dilakukan secara berkelompok. Dari kegiatan kelompok akan diketahui anggota kelompok yang belum bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

 

Manfaat  penelitian  ini  antara  lain 1) Bagi guru, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi semangat atau dorongan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui media pembelajaran. 2) bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan yang bermanfaat dalam pengadaan media pemeblajaran  sehingga  dapat meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar. 3) bagi peneliti lanjutan, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai penggunaan media kartu kata dalam pembelajaran membaca permulaan. (*/ilustrasi: net)

Penulis: Asnidar. S, S.Pd.Sd (UPT SDN 26 Padang Magek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad