Penggunaan Media Pembelajaran Tingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 September 2023

Penggunaan Media Pembelajaran Tingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik


ANETRY.NET
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membantu peserta didik dalam membaca, menulis, dan berhitung. Sebagai seorang guru, penulis menemukan  berbagai permasalahan salah satunya yaitu dalam proses pembelajaran.

 

Di antara masalah itu adalah adanya beberapa peserta didik yang berbicara dengan teman sebangku saat pembelajaran, dan rendahnya motivasi peserta didik untuk belajar. Sebagai seorang pendidik, tentunya guru harus mampu menguasai kelas seperti menyiapkan perangkat pembelajaran, menyiapkan fasiliitas yang mendukung peserta didik dalam pembelajaran. Dalam hal ini seperti menggunakan media pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran yang nantinnya dapat membangkitkan motivasi peserta didik yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik.

 

Oleh karena itu, guru harus mampu mengembangkan berbagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian peserta didik di kelas sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Menurut Hamalik (1983 : 2023) belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan.

 

Maharani & Indrawati (2020) menyatakan, hasil belajar ialah sebagai tolak ukur untuk melihat kemampuan peserta didik dalam memahami konsep pembelajaran yang disampaikan guru dalam pembelajaran serta menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami suatu pembelajaran.

 

Hasil belajar peserta didik yang baik dapat disimpulkan dari seberapa baik peserta didik memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru dan seberapa tertarik peserta didik terhadap pelajaran tersebut. Hasil belajar yang bagus merupakan suatu keinginan bagi peserta didik, orang tua dan guru.

 

 

Salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran yaitu penggunaan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, sedangkan hasil belajar adalah hasil belajar yang dilakukan setelah kegiatan pembelajaran yang tujuannya untuk mengetahui kemampuan peserta didik.

 

Media pembelajaran merupakan salah satu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan untuk merangsang pola pembelajaran agar dapat menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 

Banyak sekali macam-macam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan. Apalagi di zaman sekarang ini peran teknologi sudah masuk ke berbagai aspek, termasuk dunia pendidikan. Media pembelajaran berfungsi di antaranya adalah untuk menarik minat peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disajikan.

 

Banyak sekali macam-macam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan. Apalagi di zaman sekarang ini peran teknologi sudah masuk ke berbagai aspek, termasuk dunia pendidikan. Media pembelajaran berfungsi di antaranya adalah untuk menarik minat peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disajikan.

 

Penggunaan media pembelajaran memiliki banyak manfaat dalam proses belajar peserta didik, yaitu, 1) Pembelajaran akan lebih menarik jika menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik. 2) Bahan dan tujuan pembelajaran akan lebih sehingga lebih mudah dipahami peserta didik. 3) Metode mengajar yang lebih bervariasi seperti penggunaan media power point, canva, pop up, game sehingga peserta didik tidak bosan dalam proses pembelajaran. 4) Siswa lebih banyak melakukan kegiatan pembelajan.

 

Berbagai macam media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas yaitu, 1) Media Visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Jenis media pembelajaran visual menampilan materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor. Contohnya: gambar, film bingkai, film rngkai, OHP, grafik, bagan, diagram, poster, peta, dan lain-lain.

 

Selanjutnya, 2) Media Audio yaitu media yang berkaitan erat dengan indera pendengaran. Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi). Contoh media seperti radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.

 

Berikutnya, 3) Media Audio Visual yaitu media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Contohnya: meanmpilkan video dalam menerangkan materi pembelajaran. 4) Media Serbaneka yaitu suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah, di sekitar sekolah atau di lokasi lain atau di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media pengajaran. Contoh macam-macam media pembelajaran serbaneka di antaranya adalah papan tulis, media tiga dimensi, realita, dan sumber belajar pada masyarakat.

 

Dan terkahir, 5) Peta dan Globe. Macam-macam media pembelajaran berikutnya adalah peta dan globe ini berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi. Seperti keadaan permukaan (bumi, daratan, sungai sungai, gunung-gunung), dan tempat- tempat serta arah dan jarak. (*)

Penulis: Rosnaiti (SDN 08 Balimbing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad