Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 08 September 2023

Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa


ANETRY.NET
– Di era globalisasi ini, alat komunikasi yang semakin canggih yaitu smartphone memiliki beberapa manfaat bagi penggunannya terhadap siswa. Smartphone merupakan barang canggih yang di lengkapi oberbagai macam fitur dan aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan (Widiyawati dan Sugiman, 2014).

 

Menurut Mardhi (2015), smartphone dapat dijadikan sarana untuk menambah pengetahuan siswa tentang kemanjuan teknologi sehingga siswa tidak dikatakan menutup mata akan kemajuan di era globalisasi, dengan adanya smartphone siswa dapat mengakses berbagai infomasi edukasi  mengenai materi yang dianggap sulit.

 

Telepon pintar atau sering disebut smartphone ini dalam pemanfaatanya juga memiliki dampak terhadap prestasi siswa, Prestasi adalah apa yang telah diciptakan , hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja baik secara individual maupun secara kelompok dalam bidang kegiatan tertentu (Mas’ud Hasan Abdul Dahar, 2015).

 

Sedangkan belajar dalah perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan, belajar yang sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan mempergunakan panca inderanya, belajar dapat membawa perubahan yang aktual maupun potensial pada kecakapan melalui usaha.

 

Pada saat ini hampir setiap individu memiliki smartphone, bisa dikatakan bahwa smartphone ini menjadi kebutuhan pokok bagi semua lapisan masyarakat,hidup tanpa smartphone bisa diibaratkan seperti makan sayur tanpa garam, tapi penggunaan telepon pintar ini juga dapat menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif bagi pelajar, dampak positif dan negtifnya antara lain

 

Dampak Positifnya adalah, pertama. Bisa Meningkatkan Pengetahuan. Kita bisa memanfaatkan smartphone  untuk mencari informasi tentang mata pelajaran dengan mudah.

 

Informasi mengenai suatu mata pelajaran bisa didapatkan melalui mesin pencari Google. Dimana informasi yang ada di Google bisa diakses dengan mudah dan pastinya gratis, meski informasi mengenai materi mata pelajaran bisa diperoleh melalui Google tetapi kamu harus lebih selektif. Hal ini dikarenakan informasi yang ada di Google sebagian tidak akurat sehingga perlu untuk mengecek keakuratannya terlebih dahulu.

 

Kedua, Mempermudah Komunikasi. Dampak positif smartphone yang satu ini tidak hanya dirasakan oleh pelajar saja melainkan juga semua pengguna smartphone. Saat ini komunikasi antara guru, pelajar dan orang tua dilakukan melalui grup yang tersedia di aplikasi komunikasi, seperti telegram, WhatsApp atau Line. Komunikasi seperti ini sangat membantu ketiga pihak terutama saat pembelajaran online.

 

Ketiga, mempertajam Kemampuan Mengingat. Dampak positif smartphone bagi pelajar berikutnya yaitu bisa mempertajam kemampuan mengingat. Dampak positif ini bisa dirasakan karena smartphone bisa digunakan untuk mengambil gambar, merekam dan mencatat semua mata pelajaran yang diberikan. Catatan mata pelajaran tersebut bisa mempermudah kita saat kembali mempelajarinya di rumah.

 

Sedangkan dampak negatifnya adalah, pertama, tidak fokus belajar. Tidak fokus belajar menjadi salah satu dampak negatif  smartphone bagi pelajar. Hal ini dikarenakan saat proses belajar berlangsung kamu bisa melakukan aktivitas lain dengan HP tersebut. Misalnya bermain games, membuka pesan masuk, atau membuka media sosial. Awalnya berniat hanya melakukan aktivitas tersebut sebentar tetapi kenyataannya tidak demikian sehingga penjelasan guru banyak yang terlewatkan.

 

Kedua, Prestasi Akademik Menurun. Smartphone yang tidak digunakan dengan bijak akan memberikan banyak dampak negatif, terutama bagi pelajar. Menggunakan HP secara berlebihan akan membuat penggunanya menjadi kecanduan sehingga waktu yang dimiliki habis untuk memainkannya.

 

Jika sudah kecanduan akan menyebabkan menjadi malas belajar. Akibatnya prestasi akademiknya menjadi menurun. Terlalu  sering menggunakan HP juga menyebabkan kesulitan dalam mengingat ataupun menangkap informasi

               

Siswa yang kecanduan menggunakan smartphone untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, seperti bermain game , jejaring sosial, internet dan aplikasi lainnya dalam skala yang berlebihan maka itu akan  menyebabakn penurunan terhadap hasil belajar siswa. Akan tetapi apabila smartphone tersebut dimanfaatkan dengan baik maka itu dapat digunakan sebagai sarana untuk menunjang atau meningkatkan prestasi belajar.

 

Oleh karena itu diperlukan peran orang tua dan guru untuk mengawasi dan membatasi waktu yang tepat untuk penggunan  HP (smartphone). Orang tua dan guru dapat memberikan smartphone kepada anak atau siswa sesuai kebutuhan, itupun harus selalu dalam pengawasan. (*/ilustrasi: net)

Penulis: Erlanda (SDN 30 Balimbing, Rambatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad