Pengaruh Metode dalam Pembelajaran - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 16 September 2023

Pengaruh Metode dalam Pembelajaran


ANETRY.NET
– Dalam proses pembelajaran, penggunaan metode sangat penting, dan berpengaruh terhadap minat anak dalam memahami pembelajaran. Seorang guru harus memperhatikan dan memahami metode apa yang akan dipakai dalam proses pembelajaran, agar materi yang akan disampaiakn dapat mudah dipahami oleh anak didik.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai metode belajar, ada baiknya jika mengetahui pengertian metode pembelajaran menurut para ahli di antaranya.  Metode belajar menurut Wina Sanjaya yaitu cara mengimplementasikan rencana yang telah disususn kegiatan myata supaya bisa mencapai tujuan yang optimal. Sedangkan menurut Abdurrahman Ginting yaitu pola atau cara yang khas untuk memanfaatkan prinsip dasar pendidikan, berbagai teknik, dan sumber daya yang terkait  pada proses pembelajaran peserta didik.

 

Bila diperhatikan dalam proses pembelajaran ada anak yang yang  tidak memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, secara sepihak guru tidak bisa menyalahkan anak didik, tetapi guru juga instropeksi diri apa kekurangan guru dalam penyampaian pembelajaran. Apa pun sulitnya  materi pelajaran tetapi kalau disampaikan dengan menarik dan sesuai metode dengan materi yang disampaikan.

 

Perubahan kurikulum sebenar tidak begitu berpengaruh terhadap kemajuan pendidikan anak, namun akan menimbulkan kesulitan bagi guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran, dan guru dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dalam perobahan kurikulum.

 

Bahkan dengan berobah kurikulum akan menimbulkan pembiayaan terutama pembelian buku panduan, biaya pelatihan tutor dan pelatihan bagi guru. Yang sangat penting bagaimana guru bisa melaksanakan proses pembelajaran dengan metode PAIKEM, jadi kwalitas guru yang perlu ditingatkan dan bagaiman guru itu mau merobah metode mengajarnya demi kemajuan pendidikan anak didik harapan bangsa dan agama

 

Tapi kalau guru sebagai motor terdepan dalam pelaksanaan pendidikan tidak mau merobah cara mengajarnya, maka pembiayaan yang dikeluarkan dalam pelaksanaan kurikulum itu akan sia-sia saja. (*)

Penulis: Kamiluddin, S.Pd.I (UPT SDN 27 Simawang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad