Pengaruh Gadged terhadap Karakter dan Hasil Belajar Siswa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 16 September 2023

Pengaruh Gadged terhadap Karakter dan Hasil Belajar Siswa


ANETRY.NET
Gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang mengartikan sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus.

 

Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik, yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, konsol game dan lainnya.

 

Di zaman serba teknologi sekarang ini, gadget bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan gadget. Gadget  merupakan salah satu kebutuhan penting bagi banyak orang.

 

Gadget sangat lah berpengaruh sekali terhadap karakter dan hasil belajar anak, apalagi saat ini siswa-siswa sudah mengetahui hal-hal berbaur pronografi, berkata-kata yang tidak pantas bahkan ada yang menggunakan simbol-simbol dengan jari tangan atau istilah- istilah yang vulgar, semuanya itu didapatnya dari Gadget.

 

Terkadang anak mengucapkan kata-kata yang asing bagi guru. Tetapi bagi mereka sudah hal yang biasa, bahkan ada siswa yang mencobakan gerakan-gerakan vulgar.

 

Pengaruh yang lain dari gadged  diantaranya siswa menjadi seorang yang individualis, jarang melakukan interaksi sosial dengan lingkungan luar atau teman sebayanya, lalai terhadap kewajibannya seperti belajar. Selain itu juga tidak memperdulikan apapun sampai melupakan waktu seperti melalaikan sholat, dan bermalas-malasan untuk mengaji hal ini sangat mempengaruhi sikap sosial, tanggung jawab dan sikap religius siswa.

 

Dampak tersebut, disebabkan siswa yang terlalu sering menggunakan gadged dengan durasi waktu yang terlalu lama dan kurangnya pengawasan dari orang tua yang membuat siswa menjadi kecanduan dan membuat siswa menjadi malas melakukan hal yang lebih bermanfaat.

 

Pulang sekolah bukannya makanan yang dicari tapi malah bermain gadged sampai ber jam-jam kadang orang tua memanggil tidak di dengarnya, apapun yang di tanyakan tidak akan di jawab karena lebih fokus pada permainan gadged. Jadi peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengatur waktu anak bermain gadged.

 

Dalam KBBI karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain; watak. Karakter yang baik merupakan hal yang kita inginkan bagi anak kita. Seorang filsuf Yunani bernama Aristoteles mendefenisikan karakter yang baik sebagai kehidupan dengan melakukan tindakantindakan yang benar sehubungan dengan diri seseorang dan orang lain.

 

Penggunaan gadget yang mengakibatkan sikap ketergantungan, berimbas pada karakter seorang anak. Karakter anak yang belum terbentuk seutuhnya, dapat berubah ketika anak melihat suatu hal baru, atau ia terpengaruh dengan lingkungan sekitarnya.

 

Lingkungan yang saat ini serba menggunakan gadget, membuat rasa ingin tahu seorang anak bertambah. Awalnya anak mengamati, lalu anak mencoba memakainya, hingga menjadi pengguna gadget itu sendiri.

 

Sebenarnya, penggunaan gadget pada anak usia dini dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Di satu sisi, anak dapat belajar melalui media audio visual yang menarik sehingga anak lebih mudah memahami apa yang ia ingin tahu. Di sisi lain pengawasan yang kurang terhadap anak, dapat memberikan dampak negatif. Salah satunya terhadap pembentukan karakter mereka.

 

Sebagian siswa menggunakan gadget tanpa pengawasan orang tua, mereka menggunakan gadget untuk memainkan game online dan menonton video dalam waktu yang lama dan tidak mau lagi belajar. Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut.

 

Menurut Hamalik, hasil belajar tanpak sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang dapat diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat diartikan terjadinya menurunnya hasil dari belajar siswa.

 

Salah satu contoh menurunya karakter siswa dalam belajar kurangnya rasa ingin tahu dalam materi pembelajaran yang diberikan dan cendrung  selalu mencontoh hasil dari temannya.

 

Jadi gadged memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter siswa dan hasil belajar siswa. Ada yang memiliki dampak positif dan ada juga yang berdampak negatif, sehinga pengunaan gadget pada siswa sebaiknya di dampingi oleh para orang tua. (*)

 

Daftar Pustaka

1. Ahmad Walid. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa Di SMP 01 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. 2019

2. Puji Asmaul Chusna, “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak,” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2017): 315–30, https://doi.org/https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.

Penulis: Nursepta Haida, S.Pd (UPT SDN 12 III Koto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad