ANETRY.NET – Gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang mengartikan sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus.
Gadget (Bahasa
Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk
merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi
praktis spesifik, yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang
baru. Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik
yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer,
handphone, konsol game dan lainnya.
Di zaman serba teknologi sekarang ini, gadget bukanlah barang asing bagi siapapun.
Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan gadget. Gadget merupakan salah satu kebutuhan penting bagi
banyak orang.
Gadget sangat lah berpengaruh sekali terhadap karakter dan hasil belajar
anak, apalagi saat ini siswa-siswa sudah mengetahui hal-hal berbaur pronografi,
berkata-kata yang tidak pantas bahkan ada yang menggunakan simbol-simbol dengan
jari tangan atau istilah- istilah yang vulgar, semuanya itu didapatnya dari Gadget.
Terkadang anak mengucapkan kata-kata
yang asing bagi guru. Tetapi bagi mereka sudah hal yang biasa, bahkan ada siswa yang
mencobakan gerakan-gerakan vulgar.
Pengaruh yang lain
dari gadged diantaranya siswa menjadi seorang yang individualis,
jarang melakukan interaksi sosial dengan lingkungan luar atau teman sebayanya,
lalai terhadap kewajibannya seperti belajar. Selain itu juga tidak
memperdulikan apapun sampai melupakan waktu seperti melalaikan sholat, dan
bermalas-malasan untuk mengaji hal ini sangat mempengaruhi sikap sosial,
tanggung jawab dan sikap religius siswa.
Dampak
tersebut, disebabkan siswa yang terlalu sering menggunakan gadged dengan durasi waktu yang terlalu lama dan kurangnya
pengawasan dari orang tua yang membuat siswa menjadi kecanduan dan membuat
siswa menjadi malas melakukan hal yang lebih bermanfaat.
Pulang sekolah
bukannya makanan yang dicari tapi malah bermain gadged sampai ber jam-jam
kadang orang tua memanggil tidak di dengarnya, apapun yang di tanyakan tidak
akan di jawab karena lebih fokus pada permainan gadged. Jadi peran orang tua
sangat dibutuhkan untuk mengatur waktu anak bermain gadged.
Dalam KBBI karakter
adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang
dengan yang lain; watak. Karakter yang baik merupakan hal yang kita inginkan
bagi anak kita. Seorang filsuf Yunani bernama Aristoteles mendefenisikan
karakter yang baik sebagai kehidupan dengan melakukan tindakantindakan yang
benar sehubungan dengan diri seseorang dan orang lain.
Penggunaan gadget yang mengakibatkan sikap
ketergantungan, berimbas pada karakter seorang anak. Karakter anak yang belum
terbentuk seutuhnya, dapat berubah ketika anak melihat suatu hal baru, atau ia
terpengaruh dengan lingkungan sekitarnya.
Lingkungan yang saat
ini serba menggunakan gadget, membuat rasa ingin tahu seorang anak bertambah.
Awalnya anak mengamati, lalu anak mencoba memakainya, hingga menjadi pengguna
gadget itu sendiri.
Sebenarnya, penggunaan
gadget pada anak usia dini dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Di
satu sisi, anak dapat belajar melalui media audio visual yang menarik sehingga
anak lebih mudah memahami apa yang ia ingin tahu. Di sisi lain pengawasan yang
kurang terhadap anak, dapat memberikan dampak negatif. Salah satunya terhadap
pembentukan karakter mereka.
Sebagian siswa
menggunakan gadget tanpa pengawasan orang tua, mereka menggunakan gadget untuk
memainkan game online dan menonton video dalam waktu yang lama dan tidak mau
lagi belajar. Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut.
Menurut Hamalik, hasil
belajar tanpak sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang
dapat diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan.
Perubahan tersebut dapat diartikan terjadinya menurunnya hasil dari belajar
siswa.
Salah satu contoh
menurunya karakter siswa dalam belajar kurangnya rasa ingin tahu dalam materi
pembelajaran yang diberikan dan cendrung
selalu mencontoh hasil dari temannya.
Jadi gadged memiliki
pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter siswa dan hasil belajar
siswa. Ada yang memiliki dampak positif dan ada juga yang berdampak negatif, sehinga
pengunaan gadget pada siswa sebaiknya di dampingi oleh para orang tua. (*)
Daftar Pustaka
1. Ahmad Walid. Pengaruh
Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa Di SMP 01 Campalagian Kabupaten
Polewali Mandar. 2019
2. Puji Asmaul Chusna,
“Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak,” Dinamika Penelitian:
Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2017): 315–30,
https://doi.org/https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.
Penulis: Nursepta
Haida, S.Pd (UPT SDN 12 III Koto)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.