Pembelajaran di Abad 21, Guru Perlu Inovatif - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 17 September 2023

Pembelajaran di Abad 21, Guru Perlu Inovatif


ANETRY.NET
–  Dalam rangka mewujudkan Indonesia emas pada masa yang akan datang,  para pendidik harus mempersiapkan generasi yang memiliki karakter dan ilmu pengetahuan yang siap pakai. Oleh sebab itu, para pendidik diharapkan dapat merubah cara pandangnya dan berinovasi dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik.

 

Menurut Luecke (2003: 2) inovasi adalah merupakan suatu proses untuk mewujudkan, mengkomunikasikan, atau mematangkan suatu pengetahuan, gagasan dan ide, yang kemudian disesuaikan guna mendapat nilai baru suatu produk, proses, atau jasa. Menurut Gagne dan Briggs (1979), pengertian pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.

 

Inovasi pembelajaran adalah suatu upaya guru untuk mengadakan perubahan dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, yang mana tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berlangsung saat sekarang ini atau abad 21. Guru-guru yang sudah lama mengajar, sangat sulit untuk mengubah caranya dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik, mereka masih mengunakan metode ceramah. Yang dimana dengan menggunakan metode ceramah ini para peserta didik hanya duduk dengan manis menerima pembelajaran yang menyebabkan anak tersebut merasa bosan saat belajar.

 

Metode seperti itu untuk  abad 21 sangat tidak efektif, apalagi pada zaman yang sudah modern ini. Seorang guru dapat mencari tahu bagaimana metode yang dapat digunakan agar anak tersebut lebih aktif dan tidak bosan saat belajar di kelas. Metode ceramah dapat ditukar dengan metode yang dapat menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran di dalam kelas.

 

Para guru di zaman ini, diharapkan untuk dapat memperbaharui cara menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik di dalam kelasnya. Untuk memperbaharui cara pendidik dalam menyampaikan pembelajaran maka diperlukan  inovasi atau pembaharuan pembelajaran yang dapat diterapkan di dalam kelas antara lain, kesatu, pembelajaran konstektual yaitu pembelajaran dimulai dari yang nyata atau yang dekat dengan peserta didik, sehingga peserta diharapkan lebih aktif karena itu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

 

Kedua, problem solving di mana metode ini digunakan oleh guru untuk mendorong peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan terhadap  masalah yang dihadapinya. Dalam menerapkan metode ini seorang pendidik bisa memberikan sebuah permasalahan yang sedang terjadi di sekitar mereka dan menyuruh anak tersebut untuk mencari solusi atau jalan keluar yang efektif dari permasalahan itu.

 

Ketiga, menggunakan media pembelajaran yang menarik minat belajar peserta didik, seperti dalam pembelajaran ipa yaitu seorang pendidik membuat sebuah sistem tata surya yang menggunakan kardus bekas dan sebuah gambar yang telah di print yang kemudian gambar tersebut ditempel ke kardus bekas tersebut, lalu guru dapat bertanya kepada murid mengenai tata surya itu.

 

Keempat, role playing yang di mana peserta didik diajak bermain sambil menjalankan peran berdasarkan scenario yang telah dibuat. Sembari bermain para peserta didik dapat menyerap informasi dari materi yang dipelajarinya hari itu. Kelima, diskusi kelompok di mana dalam diskusi ini para peserta didik diharapkan dapat lebih aktif karena pada diskusi kelompok peserta didik dapat bertukar pikiran dengan teman sebayanya dan metode ini dapat mendorong siswa untuk lebih berinteraksi dengan temannya.

 

Dengan dilaksanakannya metode di atas, diharapkan peserta didik dapat lebih aktif dan berparisipasi dalam proses pembelajaran yang dapat membuat mereka memiliki ilmu pengetahuan yang lebih tinggi yang dimana akan berguna untuk di masa yang akan datang. Karena  pada masa  depan pasti membutuhkan para orang yang memiliki pengetahuan yang tinggi agar Negara ini maju dan berkembang.

 

Untuk menciptakan inovasi pembelajaran guru harus berkolaborasi dengan guru-guru lain dalam wadah KKG atau mencontoh praktek yang baik dari guru-guru penggerak. Guru pada zaman sekarang diharapkan tidak ada lagi yang gagal teknologi, karena dengan teknologi bisa membuat bermacam-macam media pembelajaran yang menyenangkan bagi para peserta didik.

 

Penulis mengharapkan para guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik, dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan sehingga peserta didik dapat menyerap ilmu pengetahuan dengan baik dan menjadi generasi emas pada tahun 2045. (*)

Penulis: Ulfa Erma, S.Pd.SD (Kepala Sekolah UPT SDN 19 Simawang, Kec. Rambatan, Kab Tanah Datar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad