Pada Setiap Pengabdian, Selalu Ada Kisah Menarik - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 02 September 2023

Pada Setiap Pengabdian, Selalu Ada Kisah Menarik


ANETRY.NET
Sebuah amanah yang sangat luar biasa bagi  penulis dalam menuangkan pemikiran tentang pendidikan. Sebagai pendidik, tentu saja banyak perngalaman berharga yang bisa dibagikan.

 

Di sini penulis akan menguraikan sebuah pengalaman yang luar biasa juga untuk dapat menjalankan sebuah tugas memimpin di sebuah sekolah yang membuat hati penulis merasa nyaman dan tentram. Dalam menjalankan tugas tersebut penulis dapat merasakan arti dari rasa kekeluargaan dan kerja sama yang solid antara pemimpin dengan guru, antara guru dengan guru. Semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, itu semua tidak terlepas dari hasil kerja sama.

 

Penulis sangat bersyukur ditugaskan di SDN 24 III Koto Padang Luar ini. Sekolah yang asri, walaupun jauh dari keramaian kota, namun dekat dengan pasar Nagari Padang Luar.

 

Uniknya lagi, sekolah juga dekat dengan objek wisata yang sedang buming dibicarakan pemandu-pemandu wisata dalam negeri dan luar negeri, yaitu objek wisata Puncak Aur Serumpun. Dari puncak Aur Serumpun bias disaksikan keindahan Danau Singkarak yang membentang luas.

 

Sebelum penulis menjabat sebagai pemimpin di sekolah ini, penulis juga telah menjabat di sekolah yang sangat dekat dari keramaian kota, di pinggir jalan raya. Memang sebuah hal yang sangat berbeda perbandingannya dari kedua sekolah ini. Ada juga plus dan minusnya.

 

Disekolah yang lama, juga terjalin kerja sama yang baik untuk perkembangan sekolah, namun karena berada di pinggir jalan raya, ada sedikit persoalan yang mengaganggu konsentrasi siswa dalam menimba  ilmu. Hal itu akibat bisingnya suara kendaraan yang lalu lalang. Kondisi itu semua tidak dapat terelakkan.

 

Penulis juga merasakan keakraban dengan masyarakat dan keluarga besar di SD yang lama. Apa boleh dikata, sebuah perpisahan yang tak bisa juga ditolak. Berat memang mendengar kata-kata perpisahan, namun apapun itu, semua harus dijalani demi tugas dan karir.

 

Alhamdulillah, penulis merasa sangat bersyukur berada di tempat yang baru saat ini. Tak terasa sudah hampir empat tahun menjalankan tugas di SDN 24 III Koto. Belum pernah pula merasakan kesedihan dan kekecewaan. Gurunya ramah-ramah, siswanya kreatif.

 

Jumlah siswa di SD ini 145 orang, semua penduduk asli dari daerah tersebut. Dengan demikian, tampak jelas bahwa kecintaan masyarat pada sekolah yang ada di kampung mereka. Penulis berharap, semua anak didik kelak bisa menjadi kebanggaan orang tua, dan mengangkat nama baik kampung mereka. (*/ilustrasi: net)

Penulis: Tiswa Zusepa, (UPT SDN 24 III Koto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad