Meningkatkan Sikap Kepedulian Siswa di Sekolah - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 17 September 2023

Meningkatkan Sikap Kepedulian Siswa di Sekolah


ANETRY.NET
– Sekolah adalah tempat mendidik dan mempelajari ilmu pengetahuan. Dengan  mendidik ini banyak hal yang harus ditingkatkan.

 

Sekolah sebagai wadah pendidikan formal, yang menjadi tempat siswa beraktifitas lebih lama dari pada lingkungan rumah dan masyrakat. Sekolah berperan penting dalam membentuk sikap, karakter, dan perilaku peserta didik.

 

Peduli terhadap lingkungan adalah salah satu nilai karakter yang diharapkan terbentuk pada diri siswa dalam proses pendidikan. Sikap peduli lingkungan dipahami sebagai sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang telah terjadi.

 

Menurut Yaumi (2014 :11), sikap kepedulian lingkungan adalah sebagai sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang telah terjadi.  Sikap peduli lingkungan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Terjaganya lingkungan menjadikan kualitas hidup manusia yang lebih baik.

 

Segala sumber daya yang sudah tersedia di lingkungan dapat dipergunakan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Lingkungan yang indah tentu saja akan memberikan pengaruh yang positif bagi kehidupan manusia, begitu juga sebaliknya.

 

Tetapi dalam kenyataannya, sangat banyak manusia yang tidak memiliki sikap peduli terhadap lingkungan, yang terjadi adalah sikap merusak dan menghancurkan lingkungan. Di sekolah siswa harus memiliki sifat peduli terhadap lingkungan sekolah.

 

Misalnya peduli terhadap kebersihan sekolah, peduli terhadap keindahan sekolah, dan peduli terhadap hal apa saja yang ada di lingkungan sekolah. Siswa harus mengenal dan lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan hingga pada akhirnya tidak hanya menjadi suatu kebiasaan, melainkan merupakan suatu kebutuhan.

 

Perilaku siswa  yang dapat menunjukkan sikap kepedulian terhadap lingkungan seperti  perilaku membuang sampah pada tempatnya, buang air besar dan kecil di toilet, kegiatan piket harian dan mengingatkan orang sekitar untuk menjaga lingkungan. Kegiatan-kegiatan penyuluhan yang terkait masalah lingkungan, agar pemahaman yang di dapat siswa sejalan dengan pemahaman orang tua. Siswa yang peduli terhadap lingkungan alam sekitar pasti merasa nyaman jika lingkungan alam itu indah, bersih dan rapi, mereka akan bersahabat dengan alam bukan merusaknya.

 

Menurut Daryanyo dan Darmiatun (213: 148), sikap peduli lingkungan siswa Sekolah Dasar kelas 4-6 adalah, membersihkan WC, membersihkan tempat sampah, membersihkan lingkungan sekolah, memperindah kelas dengan tanaman, ikut memelihara tanaman, ikut menjaga kebersihan di lingkungan sekalah.

 

Cara yang digunakan dalam membentuk sikap kepedulian lingkungan siswa seperti dalam  kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan penguatan dari orang tua. Salah satu pembentukan karakter  peduli lingkungan di SDN 02 Simawang, adalah membersihkan lingkungan sekolah setiap hari Jumat dengan nama Jumat Bersih.

 

Siswa didampingi untuk membersihkan linkungan sekitar sekolah di dalam dan diluar pekarangan sekolah. Dengan melakukan kegiatan ini diharapkan siswa mempunyai sikap dan karakter peduli terhadap lingkungan dimanapun mereka berada. (*)

Eldamery, S.Pd.SD (Kepala UPT SDN 02 Simawang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad