Menangani Siswa Kurang Fokus Belajar, Ini Tipsnya - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 01 September 2023

Menangani Siswa Kurang Fokus Belajar, Ini Tipsnya


ANETRY.NET
Dari pengalaman mengajar di kelas, salah satu kendala yang sering penulis temukan adalah siswa kurang fokus dalam belajar, baik itu dalam menyimak maupun dalam menyerjakan tugas yang diberikan guru.

 

Penulis sudah bingung apa dan bagaimana yang harus penulis lakukan agar siswa bisa lebih fokus dalam belajar di kelas. Masalah kurang fokusnya siswa saat belajar ini, sangat bisa menghambat berjalannya proses belajar mengajar.

 

Kurang fokusnya siswa saat belajar di kelas, bisa disebabkan oleh beberapa factor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal salaah satunya motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri. Menurut Arden. N Frandsen (Hayinah: 1992) yang termasuk motivasi dari dalam diri siswa yaitu dorongan rasa ingin tahu, adanya sifat positif dan kreatif untuk maju, adanya keinginan untuk mencapai prestasi, dan adanya keinginan untuk menguasai ilmu pengetahuan yang berguna untuk dirinya.

 

Sedangkan faktor eksternal disebabkan beberapa hal, seperti pengaruh penggunaan gadget yang berlebihan. Selain itu juga suasana belajar yang tidak kondusif, dan kurangnya minat terhadap mata pelajaran tertentu.

 

Kurang fokusnya siswa dalan proses belajar di kelas, bisa berdampak buruk karena dapat mengganggu berjalannya proses belajar mengajar. Hal tersebut bisa mengakibatkan siswa sulit dalam memahami materi pelajaran, hasil akademik siswa akan rendah. Sedangkan bagi guru, akan berulang-ulang menerangkan materi pelajaran. Untuk mencegah hal tersebut, guru bisa menerapkan beberapa cara agar siswa bisa fokus saat belajar di kelas.

 

Pertama, sertakan aktivitas fisik. Kebosanan dalam proses belajar mengajar sangat sering terjadi terutama pada usia pendidikan dasar. Hal ini dapat dimaklumi karena usia mereka sedang dalam masa bermain. Nah, untuk mengatasi kebosanan tersebut, para pendidik harus tahu cara mencairkan suasana, salah satunya dengan melakukan ice breaking.

 

Ice breaking dapat dilakukan pada setiap mata pelajaran. Melakukan ice breaking dapat membantu siswa untuk lebih fokus belajar, siswa yang mengantuk menjadi bergairah lagi dan membantu siswa agar tidak bosan dalam mengikuti pelajaran di kelas. Untuk saat ini, ice breaking sudah mudah diakses melalui google searching.

 

Kedua, memainkan permainan memori. Salah satu permainan yang bermanfaat dalam pembelajaran adalah permainan memori. Permainan memori menjadi cara yang baik dalam membangkitkan konsentrasi anak dalam belajar. Permainan memori dapat membantu perkembangan kognitif. Salah satu manfaat permainan memori adalah membantu anak berkonsentrasi dan meningkatkan kemampuan mendengar. Beberapa contoh permainan memori adalah permaianan kata-kata berirama, puzzle dan mencari perbedaan.

 

Ketiga, hilangkan gangguan visual. Hal pertama yang dilakukan guru untuk membuat siswa fokus dalam belajar menghilangkan semua hal yang bisa mengganggu konsentrasi siswa untuk belajar, salah satu contoh kurangi pajangan kelas yang terlalu ramai.

 

Menurut  Carnegie Mellon University yang dimuat pada jurnal psikologi pada tahun 2014, menemukan bahwa kelas yang didekorasi berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan ternyata mengganggu konsentrasi belajar.

 

Kelas yang didekorasi dengan banyak warna warni dan gambar membuat fokus siswa  teralihkan karena terlalu banyak stimulus yang diterima mata. Tetapi, kelas yang polos tanpa dekorasi juga rentan membuat siswa bosan karena suasana kelas yang kaku. Dekorasilah kelas sewajarnya, yang bisa mendukung dalam proses pembelajaran, maka idealnya guru lebih memprioritaskan kebutuhan siswa belajar dari pada dekorasi kelas. (*)

 

Referensi

1.    https :// www.titp.co.uk/blog/top seven strategies to help students focus in the classroom

2.    journal.iainlangsa.ac.id/ ice breaking: implementasi, manfaat dan kendala untuk meningkatkan konsentrasi belajar  siswa.

3.    Emperbaca.com/2022/07/dekorasi-kelas.html

Penulis : Eva Junita (SDN 01 III Koto Kec. Rambatan Kab. Tanah Datar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad