Media Pembelajaran Berbasis ICT, Strategi Jitu Menaklukkan Siswa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 08 September 2023

Media Pembelajaran Berbasis ICT, Strategi Jitu Menaklukkan Siswa


ANETRY.NET
– Pertama kali merasakan mengajar di dalam kelas sebagai seorang guru, merupakan suatu pengalaman yang tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata. Apalagi menghadapi siswa dengan pola tingkah laku yang sangat beragam.

 

Siswa di kelas, ada yang suka mengejek teman, ada yang suka mengadu. Yang tidak kalah membuat pusing, yaitu mereka meribut saat penulis menerangkan pembelajaran, dan saat diberikan latihan mereka mengajukan sangat banyak pertanyaan.

 

Hal tersebuat bertolak-belakang dengan bayangan yang ada dalam benak penulis sebelumnya. Sebelunya terbayang tidak akan begitu sulit menghadapi siswa Sekolah Dasar (SD). Tidak akan sulit seperti menghadapi siswa SMP atau SMA.

 

Tidak hanya itu, profesi sebelumnya juga menjadi latar belakang yang membuat penulis sulit untuk menghadapi tingkah pola siswa di dalam kelas. Di mana sebelumnya penulis menekuni profesi sebagai tenaga administrasi atau operator sekolah. Walaupun sama-sama berada di sekolah dengan siswa namun hari-hari, waktu dihabiskan di depan laptop dan berbagai deadline laporan. Biasanya bekerja bersama benda mati yang bisa diatur sesuka hati, namun sekarang harus dihadapkan dengan benda hidup yang susah untuk mengaturnya.

 

Tidak mudah ternyata menjadai seorang guru, walaupun hanya seorang guru Sekolah Dasar. Setiap hari ada saja tingkah pola siswa yang membuat stress dan sulitnya menahan diri untuk tidak marah.

 

Ditambah lagi lokasi lokal yang terletak bersebelahan dengan kantor majelis guru, sehingga tidak jarang guru-guru senior sampai kepala sekolah ikut turun tangan untuk menenangkan siswa. agar tidak meribut saat kegiatan pembelajaran. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, penulis harus mencoba banyak cara agar mereka bisa menghormati dan menghargai guru mereka. Setiap hari penulis mempelajari pola pembelajaran yang siswa sukai, menerapkan berbagai metode pembelajaran yang cocok dengan cara belajar siswa.

 

Untuk itu, penulis tidak patah semangat untuk mencari strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dengan tipe dan cara belajar siswa yang tidak bisa tenang dalam pembelajaran. Penulis berfikir, di era digital sekarang ini, siswa kurang cocok kalau dalam kegiatan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Strategi pembelajaran merupakan serangkaiaan aktivitas yang terencana dalam penyampaian materi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

 

Strategi atau metode pembelajaran yang coba penulis gunakan, yaitu media pembelajaran yang berbasis ICT dalam kegiatan proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis ICT adalah, media untuk menyampaikan informasi yang dirancang sesuai kebutuhan anak usia dini dan ditampilkan dengan menarik, sehingga bisa mempermudah pemahaman anak terhadap materi yang disajikan.

 

Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT, mampu menjadikan pembelajaran lebih efektif, efisien, dan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Mempermudah seorang guru dalam mendapatkan atau menyampaikan informasi (pesan atau isi) materi pelajaran.

 

Tidak hanya itu, penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dapat membuat guru lebih inovatif dan produktif dalam menyajikan materi yang disampaikan kepada siswa di kelas. Media pembelajaran berbasis ICT berupa persentasi power point (ppt), video pembelajaran, dan animasi.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, penulis mencari berbagai materi tentang pembelajaran yang akan dipelajari siswa dari berbagai sumber di internet. Kemudian menyajikan materi pembelajaran berupa video pembelajaran, membuat lembar kerja peserta didik dengan menarik, menyajikan pembelajaran berupa teka-teki.

 

Hal-hal tersebut ternyata membuat siswa merasa senang, dan termotivasi untuk belajar. Dan sesekali penulis memberikan ice breaking agar siswa tidak merasa bosan selama proses kegiatan pembelajaran. Melihat antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran, membuat penulis merasa senang dan termotivasi untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai oleh siswa.

 

Siswa pada zaman ini, tidak bisa disamakan saat penulis menempuh jenjang sekolah dasar. Kini siswa semakin kritis dan maju. Dulu dalam penyampaian materi ibarat air dituangkan ke dalam gelas. Namun sekarang, tugas guru tidak hanya menyampaikan mater, tapi juga mendampingi apa yang murid butuhkan.

 

Untuk itu sebagai seorang pendidik, guru juga harus mampu mengikuti perkembangan zaman agar kebutuhan siswa akan pembelajaran di sekolah dapat dipenuhi dengan maksimal. (*/ilustrasI; net)

Penulis: Rita Satriana, S.Pd (UPT SDN 21 Balimbing)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad