Lembar Kerja Peserta Didik Penunjang Pembelajaran IPAS - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 15 September 2023

Lembar Kerja Peserta Didik Penunjang Pembelajaran IPAS


ANETRY.NET
Tantangan yang dihadapi umat manusia kian bertambah dari waktu ke waktu. Permasalahan yang dihadapi saat ini tidak lagi sama dengan permasalahan yang dihadapi satu dekade atau bahkan satu abad yang lalu.

 

Ilmu pengetahuan dan teknologi terus dikembangkan untuk menyelesaikan setiap tantangan yang dihadapi. Oleh karenanya, pola pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) perlu disesuaikan, agar generasi muda dapat menjawab dan menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi di masa yang akan datang.

 

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Secara umum, ilmu pengetahuan diartikan sebagai gabungan berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2016). Pengetahuan ini melingkupi pengetahuan alam dan pengetahuan sosial.

 

Prinsip-prinsip dasar metodologi ilmiah dalam pembelajaran IPAS, akan melatih sikap ilmiah (keingintahuan yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, analitis dan kemampuan mengambil kesimpulan yang tepat), yang melahirkan kebijaksanaan dalam diri peserta didik.

 

Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran, berpengaruh terhadap hasil belajar yang di peroleh. Semakin tepat LKPD yang digunakan, maka hasil yang diperoleh semakin maksimal. Begitu pentingnya LKPD dalam pembelajaran, sehingga guru dituntut mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam membuat LKPD pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pembelajaran.

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), adalah salah satu bahan ajar yang dipakai para guru atau pendidik. Menurut Depdiknas (2008), LKPD adalah gambaran yang isinya merupakan tugas yang harus dikerjakan peserta didik, berisi petunjuk, langkah-langkah, dan cara menyelesaikan tugas materi tertentu.

 

Adapun fungsi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangat penting, yaitu: (1) Membantu peserta didik menemukan konsep materi yang sedang dibahas. (2) Membantu peserta didik menerapkan dan mengintegrasi beberapa konsep yang ditemukan. (3) LKPD bisa digunakan sebagai penuntun belajar. (4) LKPD bisa untuk penguatan materi. (5) LKPD dapat dipakai untuk petunjuk praktikum.

 

Daryanto dan Dwicahyono (2014: 176) menyebutkan unsur-unsur LKPD secara umum adalah sebagai berikut: 1) Judul, mata pelajaran, semester, tempat 2) Petunjuk belajar 3) Kompetensi yang akan dicapai 4) Indikator 5) Informasi pendukung 6) Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja 7) Penilaian.

 

Peserta didik dapat melaksanakan tugas belajarnya melalui kegiatan yang diminatinya. Asesmen diagnostik yang dilaksanakan sebelum pembelajaran dapat dijadikan pedoman dalam menyusun kegiatan-kegiatan pada LKPD. Pembelajaran yang berlangsung akan menyenangkan bagi peserta didik, sehingga respon yang tercipta akan kuat dan berlangsung lama.

 

LKPD yang dirancang memungkinkan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar yang kolaboratif, artinya bekerja sama dengan teman-temannya untuk memperoleh pengalaman belajar. Keterampilan kolaboratif peserta didik akan terasah. Berikut ini contoh LKPD Kurikulum Merdeka Kelas IV. (*)

Penulis: Yetni Marlina, S.Pd (UPT SDN 16 Padang Magek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad