Kolaborasi Permainan Pemanasan PJOK Tingkatkan Nilai UN Siswa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 09 September 2023

Kolaborasi Permainan Pemanasan PJOK Tingkatkan Nilai UN Siswa


ANETRY.NET
– Di samping meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan peserta didik, penulis telah melakukan kolaborasi dengan mata pelajaran yang terdaftar dalam ujian nasional. pada waktu itu penulis mengolaborasikan dengan mata pelajaran IPA, IPS dan PKN melalui permainan pemanasan.

 

Permainan pemanasan itu, penulis lakukan setelah mendengarkan keterangan dari guru kelas VI pada waktu itu dipengang sejawat. Ia mengatakan, pada ujian Try Out 1 peserta didik mengalami nilai yang kurang memuaskan setelah hasilnya diperiksa di gugus, terutama pada mata pembelajaran IPA.

 

Penulis merasakan keberhasilan peserta didik tidak terlepas dari team bulding, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kerjasama antar anggota dalam satu sekolah. Pnulis juga merasakan bagaimana yang dicita-citakan negara dengan tujuannya tertuang dalam  UUD 1945 yang berbunyi mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), pemanasan dilakukan sebelum melakukan kegiatan inti dan kegiatan pendinginan. Pemanasan sebelum berolahraga bertujuan untuk menjaga detak jantung agar tetap stabil. Sistem jantung dan pembuluh darah harus ditingkatkan secara bertahap, atau untuk menaikan suhu tubuh agar peserta didik tidak cedera dalam melakukan kegiatan inti.

 

Berdasarkan keterangan yang  penulis terima, kemudian tertarik untuk memadukan mata pelajaran lain dalam pembelajaran PJOK melalui permainan pemanasan. Hal itu dilakukan di awal dalam waktu  lebih kurang dari 15 menit dan pembahasan jawaban seluruh kelompok  lebih kurang 5 menit.

 

Cara melakukan permainan pemanasan 4 pos., 1) Membagi kelompok peserta didik dari 25 peserta didik menjadi 5 kelompok, 2) masing-masing kelompok mempunyai kemampuan yang sama baik fisik, kognitif  maupun gerak psikomotor peserta didik. 3) Masing-masing kelompok memiliki satu buah pulpen dan satu lembar kertas untuk mencatat sosl-soal yang di berikan. 4) Jumlah soal 10 buah . 5) Masing-masing kelompok mencatat soal IPA. 6) Jawaban ditulis di di bawah soal yang di berikan per kelompok.

 

Kemudian, 7) Jawaban telah tersedia terlebih dulu di atas karton menila satu pos satu karton manila dengan jawaban 10 buah, untuk  4 pos 4 buah karton manila dengan jumlah jawaban 40 buah dengan jawan yang kurang tepat 30 buah. 8) Jawaban yang benar di bagi 4 pos dalam 10 soal. 9) Contoh dalam pembelajaran IPA soal nomor 1 fungsi akar pos 1 jawabanya menyerap udara di pos 2 jawabanya menyerap oksigen di pos 3 menyerap miniral di pos 4 membantu penyerbukan .

 

Berarti, jawaban yang benar adalah di pos 3. Begitu seterusnya dengan soal yang kedua juga mengenai soal IPA. Pada proses ini, pembahagian POS adalah sebagai berikut. Pos 1 sebalah barat dengan jarak 50 m dari halaman sekolah. Pos 2 sebelah timur dengan jarak 50 m dari halaman sekolah. Pos 3 sebelah utara dengan jarak 50 m dari halaman sekolah. Pos 4 sebelah selatan dengan jarak 30 m dari halaman sekolah karna sekolah penulis di belakangnya  merupakan danau singkarak.

 

Peraturan permainan 4 pos. Peserta didik harus berlari bersama-sama dengan kelompoknya menyelesaikan soal yang telah diberikan atau yang telah di catat masing-masing kelompok. Pemenang ditentukan oleh kelompokyang cepat selesai dan sampai di halaman sekolah serta menjawab dengan jawaban yang benar nomor 1-10. Kelompok yang menang di kasih reward.

 

Nilai yang terkandung di dalam permainan ini adalah kerja sama/kekompakan, ketelitian karena ada 30 jawaban yang salah pada 4 pos, kecepatan, kekuatan, daya tahan, kecerdasan, emosional, dan menghargai pendapat satu sama lainnya dalam kelompok.

 

Setelah melakukan permainan ini penulis melakukan pertanyaan pada peserta didik bagaimana menurut anak bapak terhadap permainan ini? Dan peserta didik menjawab senang dan mengasikkan serta ada yang meminta ulang lagi permainan ini.

Penulis menjelaskan bahwa ini adalah bentuk permainan pemanasan sebelum melakukan pembeljaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ( PJOK )dengan pembahasan soal –soal IPA yang kemungkinan besar akan keluar dalam ujian TRY OUT berikutnya ataupun dalam ujian nasional ( UN).

Di mimggu berikutnya, sebelum Try Out 2 dan Try Out 3, bahkan sebelum UN, penulis selalu memberikan permainan 4 pos dan berkolaborasi dengan rekan sejawat sebagai guru kelas 6 mengenai soal yang akan mungkin keluar pada mata pelajarn IPA,IPS dan PKN.

 

Setelah ujian nasional, penulis bertanya pada peserta didik bagaimana dengan ujiannya apa dapat..? Alhamdulillah peserta didik menjawab dapat pak katanya soal yang banyak keluar adalah soal yang kita lakukan dalam permainan 4 pos pak , setelah itu penulis menannyakan sama wali kelas enam bagaimana hasil ujian kelas 6 buk..? ibuk itu menjawab allhamdulillah mengalami peningkatan dan sangat bagus syukurlah kata saya.

 

Penulis beranggapan pada waktu itu pembelajaran akan berberkas di ingatan peserta didik dengan sering mengulang melalui bentuk permainan yang menyenangkan dan mengasikan. Hal itu karena peserta didik sekolah dasar, merupakan peserta didik dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Yang mana pertumbuhan merupakan tumbuhnya atau berubahnya fisik seseorang, sedangkan lebih bertuju pada perubahan psikis yang di mana perubahan-perubahan tersebut terjadi akibat kekuatan kekuatan dari luar.

 

Penulis berharab kepada bapak ibuk guru PJOK untuk dapat berkolaborasi dalam meningkatkan kwalitas belajar peserta didik  yang kurang paham terhadap materi pelajaran lainnya ataupun yang di anggap sukar bagi peserta didik untuk dapat mengkolaborasikan dalam bentuk permainan pemanasan dalam mata pelajaran PJOK. (*/ilustrasi: net)

Daftar pustaka

1. http://www.cnnindonesia.com

2. http://www.prudentia.co.id

3. https://www.sodexo.co.id

4. http://www.studocu.com

Penulis: Reki Mardoni, S.Pd (SDN 07 Simawang Kecamatan Rambatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad