Kiat Meningkatkan Literasi di Kelas VI, Butuh Kerjasama Orang Tua Siswa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 15 September 2023

Kiat Meningkatkan Literasi di Kelas VI, Butuh Kerjasama Orang Tua Siswa


ANETRY.NET
Kelas VI, merupakan kelas yang menentukan lulusan di sekolah dasar. Sebagai kelas tertinggi di sekolah dasar, tentu guru menginginkan tingkat literasi siswa baik atau lancar. Namun, sayangnya di sekolah tempat penulis bertugas masih ada sebagian anak yang literasinya masih rendah.

 

Penulis ingin menceritakan sedikit pengalaman mengajar dikelas VI. Masalah yang selalu penulis hadapi adalah, pemahaman anak tentang literasi masih sangat kurang sekali. Hal itu karena ada beberapa anak yang kurang lancar dalam membaca, dan siswa kurang memahami tentang apa yang mereka baca.

 

Dalam pengamatan yang penulis lakukan, pada proses belajar mengajar, dari 13 orang siswa, yang memiliki kemampuan bisa dan lancar dalam literasi hanya 3-4 orang saja. Penulis pun mencoba memberikan trik-trik di dalam proses belajar untuk meningkatkan literasi.

 

Pertama, sebelum memulai pembelajaran 1-3 orang anak setiap pagi membaca satu paragraf secara bergiliran.  Kedua, menekankan lagi untuk mengulang bacaannya di rumah dengan bacaan yang sama 3-5 kali satu paragraf.

 

Dari trik yang penulis berikan, hanya yang pertama yang terlaksana. Trik yang kedua, tidak semua anak melakukannya di rumah dan penulis mengetahui dari orang tua anak yang kurang belajarnya (malas).

 

Setelah ditelusuri, kurangnya literasi anak dirumah dikarenakan kurangnya motivasi orang tua di rumah. Orang tua siswa telah disibukkan dengan kegiatan masing-masing setiap harinya, sehingga anak tidak di perhatikan belajarnya di rumah.

 

Menurut penulis, agar literasi anak di rumah terlaksana perlu adanya dukungan dari orang tua yaitu dengan meluangkan waktu mendampingi anak setelah shalat magrib di rumah, untuk menyuruh anak membaca dan mengulang pembelajaran di sekolah. (*/ilustrasi: net)

Penulis: Lindawati, S.Pd.SD (UPT SDN 26 Padang Magek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad