Kiat Guru jadi Penulis Pemula, Tipsnya di Sini - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 September 2023

Kiat Guru jadi Penulis Pemula, Tipsnya di Sini


ANETRY.NET
Menurut undang-undang No. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

 

Profesi guru, intinya bertugas mengajar dan mendidik seorang siswa. Keseharian aktifitasnya tidak pernah jauh dari yang namanya menulis. Tidak ada hari dan waktu tanpa menulis. Gurulah orang yang mengajarkan menulis kepada siswa. Mereka mengajarkan manusia sampai bisa dan benar-benar paham sekali.

 

Seorang anak  mengawali pendidikan mereka di Sekolah Dasar. Minimal, enam tahun mereka selalu dilatih untuk menulis. Banyak lika liku yang mereka lalui untuk bisa menulis. terkadang mereka dengan mudah bisa menulis, terkadang sangat sulit sekali. Yang mudah akan membuat guru senang dan bahagia. Marah dan api emosi kadangkala tersulut tatkala anak tak kunjung bisa menulis.

 

Saat ini guru mendapatkan workshop dengan narasumber Nova Indra tentang menulis artikel dan ujung-ujungnya nanti akan lahir sebuah buku dari masing-masing buku. Guru dituntut untuk bisa menulis. Ya, bisa diberi nama dengan sebuah artikel. Output kegiatannya adalah terbitnya sebuah artikel dengan jumlah kata berkisar antara 600-1.200 kata dalam rentang waktu lebih kurang satu hari satu malam.

 

Menurut kebanyakan orang di luar sana, apa sulitnya menulis bagi seorang guru. Apalagi dengan jumlah kata yang hanya sebanyak itu. Keseharian mereka tidak pernah luput dari namanya aktifitas menulis.

 

Saat ini, semua guru tentu tengah berada di posisi siswanya. Apakah  gampang melahirkan sebuah karya tulis itu, atau sebaliknya. Kebanyakan mungkin dihadapkan kembali ke masa kuliah dulu.  Bagaimana mengembangkan ide yang ada, atau sekedar menuliskan apa yang sehari-hari dilakukan, selama bertahun-tahun, bahkan banyak yang sudah puluhan tahun.

 

Kiat menulis bagi guru pemula menurut penulis, adalah pertama pilihlah jenis tulisan yang tidak banyak aturan penulisannya seperti artikel. Artikel termasuk karya yang tidak banyak aturannya dan bersifat sederhana. Di antara sekian banyak jenis artikel, pilihlah artikel yang paling mudah dan gampang membuatnya yaitu artikel populer. Semua karya besar yang ada saat ini, pada awalnya pasti bermula dari karya yang yang sederhana. Makanya pilihlah yang sederhana terlebih dahulu.

 

Kedua, pilih topik yang sesuai dengan tugas keseharian, seperti kalau pendidik pilihlah topik tentang dunia pendidikan. Jika guru, tulislah tentang tugas keseharian di kelas. Bagaimana keseharian dengan siswa. Jika kepala sekolah, pilihlah topik tentang sekolah dan guru. Bagaimana kiat kepala sekolah dalam memajukan sekolah. Tentang supervisi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan.

 

Ketiga, jangan terlalu banyak melihat tulisan orang lain baik di media online ataupun media cetak. Jika banyak melihat atau mempedomani tulisan orang lain bisa-bisa ide akan hilang. Akan sulit merangkai kalimat jika karena terpengaruh dengan tulisan orang tersebut. Penulis melihat uraian dari beberapa penulis, antara satu dengan lainnya  beda juga ulasannya. Sehingga penulis kesulitan mengambil jalan tengahnya dan akhirnya tidak bisa merangkai kalimat.

 

Keempat, tulislah pengalaman atau kejadian yang dialami.  Seperti pengalaman atau kejadian yang dialami saat berhadapan dengan siswa selama proses belajar mengajar. Bisa juga ditulis kiat mengatasi masalah di kelas sehingga bisa mengatasinya.

 

Semua itu akan mengalirkan untaian kalimat. Walaupun di akhirnya nanti akan menambahkan dengan ulasan dari sumber lainnya. Tulis saja apa yang dilihat dan rasakan nanti dipublikasikan jadilah sebuah karya artikel.

 

Kelima, saat menulis jangan terlalu banyak melakukan proses editing. Tulis saja terlebih dahulu. Proses editing saat menulis akan membuat kehilangan ide untuk membuat kalimat berikutnya.

 

Menulis ini, mengawalinya yang terasa sulit, terutama bagi seorang pendidik. Guru, sudah terbiasa hanya menugaskan siswa, tanpa pernah diketahui dan dirasakan apa kesulitan mereka. Maka untuk mengatasinya pakaialah kiat menulis di atas.

 

Semoga, ini menjadi awal yang baik bagi dunia pendidika saat ini. Akan lahir ide-ide cemerlang dari para guru yang mereka tuangkan dalam bentuk tulisan, sehingga bisa dibaca oleh banyak guru yang ada di nusantara. (*)

Penulis: Masniari (Kepala Sekolah SDN 21 Balimbing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad