Kenakalan Remaja, Penyebab yang Harus Diketahui - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 16 September 2023

Kenakalan Remaja, Penyebab yang Harus Diketahui


ANETRY.NET
Penyebab Kenakalan remaja adalah faktor internal yang berasal dari dirinya sendiri. Selain itu juga faktor eksternal yang meliputi keluarga, pergaulan ataupun lingkungan. Untuk mencegahnya bangun hubungan baik dengan anak.

 

Kenakalan remaja, bukan sekadar perilaku anak belasan tahun yang suka jahil, tapi merupakan masalah serius yang terjadi di tengah masyarakat. Tidak mudah mengatasi masalah ini, tetapi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab kenakalan remaja itu sendiri.

 

Kenakalan remaja adalah keterlibatan remaja dalam hal hal yang melanggar hukum, misalnya pencurian tawuran penyalah gunaan narkoba pembunuhan pemerkosaan dan lain-lain. Remaja yang dimaksud di sini adalah semua anak yang masih berusia di bawah 19 tahun.

 

Remaja seharusnya menjadi masa depan sebuah bangsa tetapi banyak faktor yang dapat mengakibatkannya melakukan berbagi aksi kenakalan remaja. Untuk itu dapat dilakukan pencegahan berikut untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kenakalan remaja.

 

Apa saja penyebab kenakalan remaja? Para psikolog, psikiater dan kriminologi setuju bahwa penyebab kenakalan remaja bukan bersifat tuggal. Biasaanya hal ini terjadi ketika anak tersebut terpapar pengaruh buruk dan beberapa factor dan dalam jangka waktu lama tanpa ada intervensi baik ditengah kehidupannya.

 

Berikut adalah faktor-faktor penyebab kenakalan remaja. Pertama, Keluarga. Keluarga adalah institusi dasar yang akan mengajarkan nilai dan norma yang akan dibawanya ke masyarakat atau kelompok yang lebih besar.

 

Akan tetapi keluarga bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja, jika melakukan pola asuh yang salah, misalnya sering membeda-bedakan atau membanding bandingkan anak. Kurangnya kontrol orang tua, kurangnya kasih sayang terhadap anak, terlalu memanjakan atau mendidik anak terlalu keras.

 

Anak memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami kenakalan remaja ketika orang tuanya memperlihatkan gesture tidak menginginkan kehadirannya. Kemudian anak yang broken home juga lebih rentan berada pada situasi ini.

 

Kedua, Lingkungan. Penyebab kenakalan remaja yang tak kalah krusial adalah factor lingkungan tak terkecuali menyangkut tempat tinggal anak. Beberapa faktor lingkungan yang berkontribusi menciptakan kenakalan remaja adalah tinggal dilingkungan kriminal (misalanya pengedar narkoba prostitusi atau penuh kekerasan.

 

Ketiga, Pergaulan, Selain keluarga dan lingkungan , pergaulan yang salah juga menjadi factor penyebab kenakalan remaja. Jika memiliki kontrol diri yang lemah dan tidak dibimbing dengan baik oleh orang tuanya , maka anak remaja bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh temannya seperti mabuk-mabukan atau seks bebas. Oleh sebab itu penting bagi orang tua untuk senantiasa memperhatikan pergaulan anak.

 

Keempat, Sekolah. Sekolah adalah tempat anak belajar mengembangkan diri dan mematuhi peraturan yang berlaku. Faktor kenakalan remaja dalam hal ini adalah kegagalan sekolah dalam mengmbangkan karakter anak karena ketidakcocokan kurikulum maupun ketersediaan ekstrakurikuler yang berlaku di lembaga pendidikan tersebut.

 

Kelima, Krisis identitas . Menurut penelitian perubahan biologis dan sosiologis pada remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk, yaitu terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya dan tercapainya identitas peran.

 

Keenam, Kontrol diri lemah. Kontrol diri yang lemah juga membuat remaja tidak bias mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat di terima dan yang tidak bisa diterima. Begitupun bagi remaja yang telah mengetahui perbedaan kedua tingkah laku tersebut tetapi tidak dapat mengmbangkan Kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan norma. Akibatnya ia menjadi remaja nakal.

 

Ketujuh, Sering bolos sekolah. Penyebab terjadinya kenakalan remaja yang tidak boleh dihiraukan adalah sering bolos sekolah pasalnya sekolah adalah tempat bagi anak untuk belajar tentang moral yang baik jika anak sering bolos sekolah idak meraskan rutinitas seperti bangun pagi, membersihkan kamarnya mandi hingga mengerjakan PR hal ini juga dinilai menjadi faktor kenakalan remaja. (*)

Penulis: Dewi Nelmawati (UPT SDN 14 Balimbing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad