Kemenag Siapkan Bantuan untuk Perpustakaan Digital Pesantren - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 04 September 2023

Kemenag Siapkan Bantuan untuk Perpustakaan Digital Pesantren


YOGYAKARTA
, ANETRY.NET – Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pesantren Kemenag memberikan bantuan untuk mempersiapkan perpustakaan digital (digital library), terutama pada Ma'had Aly dan Pendidikan Diniyah Formal (PDF).

 

Plt. Direktur PD-Pontren Waryono Abdul Ghafur mengatakan, upaya penyiapan perpustakaan digital tersebut, dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Tahun ini, pihaknya telah memberikan dana bantuan stimulus kepada 40 pesantren, terutama bagi pengelola Ma’had Aly.

 

Selain menerima bantuan, mereka dilatih agar dapat meningkatkan kompetensinya dalam penyiapan dan pengelolaan digital library.

 

Selain digital library, para pengelola Ma’had Aly juga mendapatkan penguatan kompetensi terkait jurnal ilmiah berbasis online melalui Open Journal System (OJS). Sebagai pembeda, mereka didorong untuk mengembangkan jurnal berbahasa Arab, sesuai dengan kekhususannya masing-masing.

 

“Sebagai satuan pendidikan tinggi berbasis kitab, semestinya selain pembelajaran yang dilakukan mahasantri, tercermin pula dalam pengkajian dan penguasaan kitab-kitab tertentu untuk publikasinya. Dengan demikian, maka selaras dan sesuai dengan tujuan Ma’had Aly sebagai pencetak ulama yang tafaqquh fiddin,” tutur Waryono.

 

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan secara daring di acara Peningkatan Kompetensi Ustadz. Acara ini berlangsung tiga hari di Yogyakarta, 31 Agustus sampai 2 September 2023 lalu.

 

Guru besar bidang Ilmu Tafsir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu melihat, penyediaan perpustakaan digital Ma’had Aly sangat penting. Seiring kemajuan teknologi, perpustakaan dalam bentuk fisik gedung yang menghimpun kitab-kitab dan referensi semakin kurang relevan.

 

Karenanya, transformasi ke perpustakaan digital (e-library) perlu diakselerai. Hal ini misalnya dapat dilakukan dalam bentuk maktabah digital atau penyediaan aplikasi seperti Online Public Access Cataloge (OPAC).

 

“Tantangan lainnya adalah kemampuan Ma’had Aly dan Pendidikan Diniyah Formal yang belum merata dalam penyediaan sarana pendukungnya seperti listrik, jaringan internet dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang Informasi dan Teknologi (IT). Ini harus dicarikan solusinya,” sebut Waryono.

 

“Tidak kalah penting, adalah menumbuhkan tradisi menulis dan mengakselerasi produktifitas penulisan jurnal, baik yang berbahasa Arab maupun bahasa Inggris,” lanjutnya. (kemenag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad