Mengapa Pendidik Perlu Mengenal Karakteristik Peserta Didik? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 12 September 2023

Mengapa Pendidik Perlu Mengenal Karakteristik Peserta Didik?


ANETRY.NET
Menjadi guru sangat menyenangkan, dan menarik sekali. Karena mencerdaskan anak bangsa itu adalah cita-cita dari awal mengambil jurusan keguruan.

 

Namun ada beberapa hal yang menarik, yaitu setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Dalam karakter tersebut sebagai guru bisa  belajar memahami tingkah laku setiap individu.

 

Tidak hanya siswa yang memiliki karakter, atau tingkah laku yang berbeda. Orang dewasa juga seperti itu. Dengan karakter yang berbeda setiap orang bisa memahami dan harus bisa menerima lingkungan sekitar.

 

Alhamdulillah, penulis sudah mengajar selama delapan tahun lebih kurang. Dan menjadi guru memang sangat menarik dan unik. Menarik dan unik jika dilakukan dengan baik dan ikhlas. Menjadi guru yang menyenangkan adalah impian setiap semua guru. Jika menyenangkan, maka untuk datang ke sekolah pun jadi semangat.

 

Awal mengajar, penulis mengabdi di sekolah menengah tengah pertama (SMP). Di sana penulis menjadi guru bimbingan dan konseling. Sangat menyenangkan sekali bisa mengenal karakter anak. Namun, karena ada beberapa pertimbangan, akhirnya mengambil kuliah pendidikan guru sekolah dasar. Pada akhirnya pindah mengabdi ke sekolah dasar.

 

Di sekolah dasar, penulis menemukan banyak hal tentang karakter siswa. Di antaranya ada karakter yang baik dan ada karakter yang perlu diperbaiki, agar menjadi siswa yang cerdas dan bermanfaat. Bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua, dan orang lain.

 

Namun, setelah saya mengajar di sekolah dasar ada salah satu orang siswa yang tidak bisa menerima lingkungan. Di mana posisi siswa tersebut merasa dirinya selalu dibulli. Setelah saya tindak lanjuti sebenarnya tidak ada permasalahan yang terlalu berat, hanya saja karena anak anak masih butuh di perhatikan.

 

Terkadang anak tersebut selalu merasa di olok olok oleh temannya. Anak tersebut merasa dia selalu dibulli karena fisik dan juga karena sikapnya. Namun dilain sisi anak anak itu sama. Yang nama nya anak anak pasti mereka di sekolah dasar sedang berada dalam masa bermain, bicara sesukanya, nah disana peran kita sebagai guru untuk mengontrol hal hal tersebut.

 

Jika terjadi permasalahan ini kita tidak bisa memproses secara satu pihak, namun kita juga harus menggali dari pihak lainnya. Karena setiap permasalahan pasti ada yang memulai hal tersebut. Tergantung bagai mana cara kita menyikapinya.

 

Hal ini bisa saja terjadi karena mungkin dilingkungan keluarga anak tersebut selalu di nomor satukan. Jadi saat berada disekolah mereka merasa terabaikan atau merasa tidak di istimewakan. Jika semua ini dibiarkan maka anak tidak bisa mandiri, karena mereka sibuk dengan keinginannya sendiri. Padahal tujuan mereka ke sekolah adalah untuk belajar dan merubah karakter siswa menjadi siswa yang beraklak baik dan mulia.

 

Namun, di balik itu kita juga perlu mendidik anak di rumah dan apabila sudah sampai di sekolah merekan juga bisa paham dengan apa yang di sampaikan guru. Mendidik anak tidak hanya guru saja. Peran orang tua juga perlu karena mendidik anak itu tidak bisa langsung di serap oleh anak.

 

Anak itu butuh pendidikan dirumah, lingkungan dan juga sekolah. Jika seorang anak mendapatkan perhatian yang cukup maka anak akan menjadi anak yang berkarakter yang bagus dan bisa menerima lingkungan sekolah, masyarakat dan di sekolah.

 

Jika diperhatikan anak yang tidak bisa menerima lingkungan pada dasarnya adalah anak anak yang tidak memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Karena tidak memiliki kepercayaan diri maka mereka cenderung menganggap semuanya masalah. Hal hal seperti inilah yang perlu kita sikapi dengan baik, agar tercipta hal hal positif. Jadi kita sebagai guru sangat perlu sekali menumbuhkan dan memupuk rasa percaya diri anak.

 

Jika anak memiliki tingkat percaya diri yang tinggi maka semua yang dilakukan dan yang diberikan kepada anak, maka akan berjalan dengan baik dan sukses. Anak mudah memahami pelajaran, mudah bergaul, bisa menerima lingkungan dan banyak di senangi teman. Itulah yang perlu kita terapkan disekolah, di rumah dan lingkungan. (*)

Penulis: Yola Siska, S.Pd (Guru UPT SDN 04 Balimbing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad