Ekstrakurikuler, Sarana Pengembangan Bakat Minat Peserta Didik - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 01 September 2023

Ekstrakurikuler, Sarana Pengembangan Bakat Minat Peserta Didik


ANETRY.NET
– Peserta didik, merupakan anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur dan jenis pendidikan tertentu.

 

Pada saat ini, peserta didik sudah lebih pintar dan lebih maju menggunakan alat peraga  yang ada di sekolah. Dan di mana pun, peserta didik lebih suka bermain sambil menggunakan alat peraga. Nah, di sini peserta didik di SDN 03 Rambatan sangat senang menggunakan alat Drumband.

 

Di sekolah, biasanya drumband atau marching band dimainkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Dari adanya kegiatan tersebut, ternyata banyak manfaat yang didapatkan baik untuk sekolah atau bagi para siswa.

 

Dalam kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik bisa menanamkan keterampilan, menanamkan sikap disiplin, kerja sama, dan meningkatkan sikap percaya diri. Pada kegiatan ekstrakurikuler itu, sifat peserta didik yang ikut serta dalam kegiatan marching band belum tentu semuanya sama daya tangkapnya.

 

Ekstrakurikuler adalah suatu sarana mengembangkan bakat minat peserta didik. Di sinilah pendidik bisa melihat langsung dalam segi manakah peserta didik tersebut. 

 

Kegiatan akademik juga tak kalah dari ekstrakurikuler seperti drum band. Drum band di Nagari Rambatan bukan hanya meraih prestasi tingkat jorong saja, tapi sudah menuju tingkat nagari.

 

Di sekolah SDN 03 Rambatan, sudah menampilkan marching band di depan masyarakat dan sekaligus mendukung bakat minat peserta didik untuk lebih percaya diri tampil di depan masyarakat. Jumlah peserta drum band di SDN 03 Rambatan 110 peserta didik.

 

Ada beberapa manfaat dari drumband, yaitu membantu anak dalam belajar bersosialisasi, bekerja sama dengan teman, serta mampu mengurangi egosentris pada anak. Selain itu juga melatih jiwa kepemimpinan,meningkatkan prestasi peserta didik, dan meningkatkan kesenangan serta kebahagian anak.

 

Drumband merupakan permainan alat musik dengan dibentuk barisan ditambah dengan penari yang semakin memperindah dan mewarnai barisan untuk dilihat. Gerakan tari (colour guard) menggunakan bendera yang disesuaikan  dengan irama musik. Drumband menjadi wadah untuk melatih anak-anak dalam menggunakan alat musik, kekompakan kepemimpinan oleh dirigen dan mayoret.

 

Drumband menjadi salah satu ekstrakurikuler yang sudah bisa diikuti dari jenjang SD hingga SMA. Ekstrakurikuler ini biasanya dimulai sore hari atau setelah pulang sekolah. Ekstrakurikuler drumband sebagai sarana untuk melatih jiwa kompetitif dalam perlombaan seperti antar sekolah atau untuk menyambut perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Nagari Rambatan, selalu dimeriahkan dengan perlombaan drum band antar sekolah se kecamatan Rambatan. Sekolah dari nagari Rambatan yang mengikuti adalah SD dan MTs. Dan itu menjadi perlombaan yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama sekolah. Sekolah memperebutkan juara 1 untuk mendapatkan piala. Oleh karena itu setiap murid yang menjadi anggota drum band pantang lelah dalam latihan.

 

Setiap sekali seminggu, tepatnya pada hari Senin, ekstrakurikuler difokuskan pada  drumband. Siswa yang telah mendaftar dalam kegiatan ekstrakurikuler drumband untuk 17 Agustus, juga sudah diseleksi. Kemudian  sambil menghafal lagu dibentuk juga formasi.

 

Perlombaan  drumband dilaksanakan sesudah tanggal 17 Agustus, yakni 26  Agustus 2023 bertempat di Lapangan Hijau Rambatan. Pukul 08:00 WIB acara dimulai dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana, Wali Nagari Rambatan serta juri. Juri didatangkan dari Perangkat Nagari Rambatan. Dengan begitu tidak ada juri yang berat sebelah dalam penilaian. Sebelum dimulai, juri menyampaikan poin-poin yang menjadi penilaian. Selanjutnya drumband sekolah bertanding sesuai dengan nomor urutan.

 

Pengumuman juara sekaligus sebagai penutupan acara yakni pukul 17:00 WIB. Juara lomba langsung diumumkan oleh juri. Hasil penilaian juri yakni SDN 03 Rambatan sebagai juara pertama. Semoga ekstrakurikuler untuk ke depannya lebih maju dan jaya selalu. (*)

 

Daftar Pustaka

https://www.kompasiana.com/kknsuliki239878/64dfae9918333e09b3294b24/pendampingan-ekstrakurikuler-drumband-sdn-01-suliki-sdn-02-suliki-dan-smpn-1-kecamatan-suliki

Penulis: Ilham Rizal, S.Pd.I (UPT SDN 03 Rambatan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad